Yamaha Aerox

Debat Capres: Jokowi-Ma'ruf Amin Berjanji Bangun Ekosistem E-Sport

  Sabtu, 13 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. ANTARA FOTO/

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM-- Saat ini, dunia E-sport di Indonesia tengah berkembang, bahkan telah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang olahraga internasional. 

Paslon nommor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin mengatakan pihaknya akan memajukan E-sport sebagai salah satu bidang yang tengah digemari anak muda. Indonesia, mereka menilai, memiliki potensi besar untuk dapat berprestasi di bidang tersebut.

Hal ini juga, Jokowi mengatakan, merupakan imbas dari perkembangan global di bidang teknologi informasi yang sangat cepat.

"Kita sebagai pemerintah harus cepat tanggap dan responsif terhadap perubahan global. Hal baru seperti Artificial Intellegence, Internet of Things, Big Data, Virtual Reality, Cryptocurrency dan sebagainya adalah hal-hal yang telah diadopsi anak muda. Termasuk menjadi gamers," ungkap Jokowi.

Untuk itu, dia mengatakan, bila terpilih, pihaknya akan memajukan ekosistem bidang digital tersebut, termasuk E-sport melalui beberapa cara.

"Pemerintah akan membangun infrastruktur seperti broadband kecepatan tinggi dan 4G sehingga anak muda akan punya fasilitas untuk mengembangkan profesi mereka," jelasnya.

Di samping itu dia juga mengatakan akan membangun ekosistem di bidang E-sport agar anak muda lebih leluasa mengembangkan game. Pasalnya, nilai ekonomi di bidang ini juga terbilang sangat tinggi. 

"Kami akan bangun ekosistem agar mereka bisa berusaha bikin gane. Kami lihat nilai ekonomi di bidang ini bertumbuh pesat," jelasnya.

Dia mengatakan, pada 2017, perputaran nilai ekonomi di bidang tersebut mencapai Rp11-12 triliun.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar