Yamaha Aerox

Kuliner Bogor: Es Pala Pak Ujang, Minuman Legenda Bogor Sejak 1949

  Jumat, 12 April 2019   Husnul Khatimah
Segelas Es Pala Pak Ujang. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Jalan Suryakencana di Kota Bogor sejak dulu dikenal oleh wisatawan maupun warga Bogor dengan aneka kulinernya yang legendaris. Banyak kuliner di kawasan pecinan ini yang sudah ada sejak lama dan bertahan sampai sekarang. Salah satu kuliner Bogor yang melegenda adalah Es Pala Pak Ujang.

Seturut namanya Es Pala Pak Ujang adalah minuman tradisional olahan buah pala yang dicampur dengan air gula serta es batu. Jika pembeli ingin, es pala ini dapat ditambah dengan serutan kelapa.

Ujang, Pemilik Es Pala Pak Ujang generasi kedua mengatakan, minuman menyegarkan ini sudah ada sejak tahun 1949. Awalnya, orangtua Ujang yang berjualan es pala ini di tempat yang sama yakni di persimpangan Gang Aut, Jalan Suryakencana.

AYO BACA : Wisata Kampung Labirin Bogor, Sensasi Tersesat di Gang Perkotaan

"Dari tahun 1949 kita sudah jualan di sini dari orang tua saya dulunya dan saya generasi ke dua yang melanjutkan jualan ini, dari dulu kita gak pindah-pindah tempat, di sini terus," ujar Ujang ditemui di lapak miliknya, Jumat (12/4/2019).

Dia menuturkan, sejak dulu hingga sekarang es pala racikan keluarganya ini tidak hanya digemari oleh warga Bogor namun juga warga luar yang datang berkunjung. Mereka biasanya langsung menyeruput es pala tersebut di lapak ujang ataupun memesan untuk dibawa pulang.

"Banyak (yang pesan), tidak hanya dari Bogor, dari luar juga banyak ada yang dari Jakarta, Bandung ya wisatawan yang berkunjunglah istilahnya," sebut Ujang.

AYO BACA : Kabupaten Bogor Miliki Jumlah Pemilih Terbanyak se-Indonesia

Dia mengaku selalu berupaya menjaga kualitas resep yang diturunkan oleh bapaknya itu sehingga hal ini menjadi rahasia setianya para pelanggan es pala Pak Ujang.

"Bahan bakunya pala, airnya air gula, pala direndam air gula. Cara bikin, pala dicuci, diserut kemudian ada proses rahasia dari kita yang tak bisa diungkapkan, terus langsung kasih gula," ujar Ujang membocorkan sedikit tentang resep es pala buatannya.

Dalam sehari, Ujang mengaku rata-rata bisa menghabiskan sebanyak 6 hingga tujuh toples pala yang telah diserut dengan satu toples diperkirakan memiliki berat 3 hinggga 4 kilogram. Satu gelas es pala dibanderol olehnya dengan harga Rp6.000.

"Es pala ini memiliki khasiat untuk mengobati susah tidur, selain itu sudah pasti es pala ini segar," kata Ujang.
 

AYO BACA : Kasus Kebakaran di Bogor Meningkat

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar