Yamaha

Basarnas Olah Air Citarum Jadi Layak Minum

  Kamis, 11 April 2019   Mildan Abdalloh
(Pixabay.com)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM--Kantor SAR Bandung memberikan bantuan berupa air minum kepada korban banjir di Kecamatan Baleendah. Air yang diberikan bersumber dari sungai Citarum yang disuling menggunakan water treatment.

Kepala Seksi Potesni Kantor SAR Bandung Mulyono mengatakan, selain membantu proses evakuasi korban banjir, pihaknya juga turut menerjunkan mobil technical yang mempunyai water treatment. Dengan alat tersebut, air kotor disulap menjadi air bersih laik minum.

AYO BACA : Menunggu Sungai Citarum Menjadi Harum

"Water treatment milik kami, bisa menyuling air kotor menjadi laik minum. Dua hari ini kami membawa alat ini untuk memberikan bantuan air bersih kepada warga korban banjir," tutur Mulyono disela pemberian air bersih di Baleendah, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, bahan baku air yang dibagikan kepada warga korban banjir berasal dari sungai citarum. Air tersebut terlebih dahulu disuling menggunakan water treatment yang dibawanya.

AYO BACA : 3 Solusi LIPI Pulihkan Sungai Citarum

Setelah melalui proses penyulingan, air langsung dibagikan kepada warga korban banjir di Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

"Dalam satu jam, alat ini mampu menyaring air sebanyak 3.500 liter," katanya.

Novita, salah seorang warga mengaku terbantu dengan pemberian air bersih dari Kantor SAR Bandung tersebut.

"Sudah satu pekan ini kesulitan air bersih untuk kebutuhan di rumah. Kalau untuk minum biasanya membeli galon isi ulang> Jadi sangat membantu," katanya.

Dia berharap agar pemberian air bersih bisa dilakukan secara rutin setiap hari disaat banjir menerjang Baleendah.

AYO BACA : Bersihkan Citarum, Pemprov Jabar Tunggu Rekomendasi Insinerator dari KLHK

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar