Yamaha

Sekda Jabar Dukung Pembangunan Embarkasi Haji di Indramayu

  Kamis, 11 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM—Embarkasi haji direncanakan dibangun di Kabupaten Indramayu pada 2020. Hal tersebut dibuat untuk menunjang pemberangkatan jemaah haji dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelum terbang melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. 

Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk hal ini telah menyerahkan hibah berupa aset tanah seluas 10 hektare kepada Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI.

AYO BACA : Sekda Jabar: Tak Hanya Cerdas, Milenial Harus Berbudaya dan Beretika

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengaku mendukung pembangunan embarkasi haji di wilayah tersebut. Sebelumnya, diketahui Pemprov Jabar berencana membangun asrama haji di kawasan Kertajati.

"Koordinasi masalah itu Kemenag sudah lakukan langkah-langkah, tinggal kita sinkronisasi seperti apa di lapangan tapi kita kaji mana yang paling siap," ujar Iwa ketika ditemui di Gedung Sate, Kamis (11/4/2019) sore. 

AYO BACA : Ustaz Ahmad Bukhori Muslim Ditangkap Terkait Penipuan Jemaah Haji

Iwa mengatakan, pihaknya memilih untuk memprioritaskan pembangunan di daerah mana saja yang dinilai paling siap. Pemprov Jabar juga menyetujui hal yang telah menjadi keputusan dari Kementerian Agama.

"Prinsipnya kita mana yang paling siap, dan koordinasi dengan pihak yang punya kewenangan dalam hal ini Kemenag," imbuhnya.

Iwa juga tidak mempersoalkan jarak tempuh dari embarkasi haji di Indramayu menuju Kertajati. Dia membandingkan hal tersebut dengan embarkasi haji Bekasi untuk pemberangkatan jadi via Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang ia nilai lebih jauh.

"Contoh di Bekasi ke Bandara Soekarno-Hatta, apalagi di situ (Indramayu) jaraknya relatif pendek. Ya, tidak masalah, supaya kita netral," pungkasnya.

AYO BACA : Calon Jemaah yang Sudah Pernah Berhaji Harus Bayar Visa Progresif

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar