Yamaha Lexi

Jelang UTBK, Panitia Jamin Pasokan Listrik dan Internet Aman

  Kamis, 11 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Koordinator Pengembangan Sistem dan Implementasi UTBK SBMPTN 2019, Arry Bainus. (Nur Khansa/ayobandung)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019 melalui sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya kendala teknis selama penyelenggaraan ujian.

Potensi gangguan teknis yang telah diantisipasi ialah kemungkinan adanya gangguan koneksi internet maupun terjadinya pemadaman daya listrik saat proses seleksi berlangsung.

AYO BACA : Pertahankan Tradisi, Dadang Nasser Sowan ke Sejumlah Mantan Bupati

"Oleh panitia pusat itu sudah ada MoU baik dengan Telkom dan PLN, tapi harus ditindaklanjuti oleh masing-masing di (panita lokal tingkat) kota," kata Koordinator Pengembangan Sistem dan Implementasi UTBK SBMPTN 2019, Arry Bainus, Rabu (10/4/2019) siang.

Dia juga mengklaim penyelenggaraan UTBK terbilang lebih aman dibandingkan sistem Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). Berbagai kesalahan teknis pengisian soal dslam sistem cetak bisa dihindari dengan tes yang terkomputerisasi ini.

AYO BACA : Sekda Jabar: Tak Hanya Cerdas, Milenial Harus Berbudaya dan Beretika

"Kalau dari sisi peserta dia lebih aman dan lebih nyaman. Kenapa? Karena setiap tahun itu ada kesalahan mencontreng atau menghitamkan. Dalam UTBC itu sekitar 100 ribuan. Kalau dengan ini enggak perlu lagi menyontreng, menghitamkan dan sebagainya, tinggal klik," katanya.

Lebih lanjut, Arry menyebut UTBK tahun 2019 diikuti oleh total 1.295.620 peserta. Panitia telah meyediakan 762 peladen di mana masing-masing peladen melayani sekitar 25-400 komputer dengan ruang ujian sebanyak 2.758 tempat.

"Insyaallah sekarang 82% sudah terinstall si sistemnya dan hari Kamis 100%. Insyaallah hari Jumatnya sudah bisa mendownload masing-masing soal," kata dia.

Arry juga mewanti-wanti para peserta untuk datang paling lambat 30 menit sebelum tes dimulai. Pasalnya, sebelum dimulainya tes, peserta harus bersama-sama mengisi kolom disclaimer juga mendengar instruksi pengawas.

"Nanti akan ada pengumuman-pengumuman yang akan disampaikan juga. Jangan sampai terlambat karena waktunya terus berjalan," jelasnya. 
 

AYO BACA : SBMPTN Sistem UTBK Bandung Digelar di Lima Kampus

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar