Yamaha Lexi

SBMPTN Sistem UTBK Bandung Digelar di Lima Kampus

  Rabu, 10 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Konferensi pers persiapan UTBK di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB, Bandung, Rabu (10/4/2019). (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019 melalui sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Bandung Raya akan diselenggarakan di lima kampus perguruan tinggi negeri.

Kelima kampus yang akan menjado lokasi seleksi adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jatinangor, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

AYO BACA : Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Disederhanakan, Ini Aturannya

Berdasarkan rencana, UTBK SBMPTN 2019 akan berlangsung mulai 13 April-26 Mei. Seleksi dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu serta terbagi ke dalam dua sesi, yaitu pagi (pukul 07.30-11.45 WIB) serta siang (pukul 12.30-16.45 WIB).

Selain di kampus, UTBK juga akan dilaksanakan di sejumlah mitra sekolah yang lokasinya berdekatam dengan lima kampus penyelenggara. Keterlibatan sekolah sebagai lokasi UTBK terjadi untuk mengatasi kekurangan kapasotas tanpung peserta seleksi di kampus.

AYO BACA : Menristekdikti: Seleksi Masuk PTN Disederhanakan

Sekretaris pusat UTBK ITB, Asep Gana Suganda mengatakan terdapat sebanyak 26.656 peserta terdaftar yang akan melangsungkan ujian di ITB. Sebagian dari puluhan ribu peserta ini akan melaksanakan ujian di mitra sekolah.

Yang ujian di ITB ada 13.544 peserta dan di lokasi mitra ada 13.112 peserta, kata Asep saat menggelar konferensi pers persiapan UTBK di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB, Bandung, Rabu (10/4/2019).

Sementra di kampus ISBI, terdapat sekitar 17.489 peserta yang akan mengikuti UTBK. Pihak kampus menyediakan sebanyak 27 ruangan dan bermitra dengan sejumlah sekolah lainnya.

Selanjutnya, kampus UPI akan menyelenggarakan UTBK dengan jumlah peserta terdaftar sebanyak 32.504 orang. Peserta UTBK di UPI terbagi ke dalam dua kelompok, yakni Saintek sebanyak 16.242 peserta dan Soshum 16.257 peserta.

Dua kampus lain, Unpad dan UIN akan menyelenggarakan UTBK bagi 24.586 peserta. Sekitar 13 ribu peserta akan melaksanakan ujian di kampus Unpad Jatinangor dan 8.990 peserta di UIN, sisanya 1.680 peserta melaksanakan ujian di SMA Krida Nusantara.

AYO BACA : Ini Keunggulan SBMPTN Melalui UTBK

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar