Yamaha NMax

Banjir, TPS di 3 Kecamatan Kabupaten Bandung Bisa Dipindahkan

  Rabu, 10 April 2019   Mildan Abdalloh
Kawasan Baleendah dan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung terendam banjir pada Kamis (4/4/2019). (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung memperbolehkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terdampak banjir dipindahkan ke lokasi lain.

Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah daerah di Kabupaten Bandung seperti Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang terendam banjir.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, pihaknya akan membuat payung hukum terkait penanganan pemungutan suara di lokasi banjir.

AYO BACA : Dayeuhkolot Banjir, Jalur Baleendah-Bojongsoang Macet Panjang

"Kami akan membuat payung hukum untuk ada pemindahan lokasi TPS dari daerah banjir ke daerah terdekat bebas banjir," tutur Agus, Rabu (10/4/2019).

Pihaknya telah memerintahkan PPK, PPS, sampai KPPS untuk melakukan pendataan TPS yang rawan banjir. Hasil pendataan tersebut akan menjadi dasar untuk membuat payung hukum pemindahan TPS.

"Untuk jumlahnya masih didata. Mudah-mudahan besok pendataan selesai sehingga kami akan segera membuat payung hukumnya," ujarnya.

AYO BACA : Banjir Belum Surut, Dayeuhkolot Diterjang Hujan Es

Selain melakukan pendataan, PPK,PPS, dan KPPS di daerah rawan banjir juga diminta untuk mencari lokasi alternatif pendirian TPS yang dipindahkan.

"Tidak harus satu RW, pada prinsipnya yang penting bebas banjir dan bisa dijangkau oleh calon pemilih," imbuhnya.

Namun, kata Agus, pemindahan TPS bisa dilakukan atau tidak tergantung kondisi lapangan. Namun, paling tidak, keputusan pemindahan dilakukan paling lambat satu hari sebelum proses pungut hitung atau saat KPPS mendirikan TPS.

"Pemindahan diputuskan KPPS paling lambat H-1 pendirian TPS. Apabila ada rencana pemindahan harus disosialisaiskan kepada calon pemilih," katanya.

AYO BACA : Jalan Terkepung Banjir, Warga Baleendah Diminta Cari Jalan Alternatif

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar