Yamaha Lexi

Wisatawan Asal Kabupaten Bandung Barat Hilang Terseret Ombak di Garut

  Rabu, 10 April 2019   Fira Nursyabani
(Ilustrasi) Wisatawan bermain di pantai Cemara, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (7/4/2019). (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Seorang wisatawan asal Kabupaten Bandung Barat dilaporkan hilang setelah terseret ombak saat berenang di Pantai Karang Papak, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Selasa (9/4/2019). Petugas penyelamat masih melakukan pencarian sampai Rabu (10/4/2019) pagi.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Garut AKP Tri Andri mengatakan aparat kepolisian, TNI, serta Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berusaha mencari korban yang bernama Asep Rohendi (19). Mereka menyusuri pantai dan wilayah perairan di sekitarnya dengan bantuan warga.

AYO BACA : Batu Payung Lombok Roboh, Ini Penyebabnya

"Sampai sekarang masih dalam pencarian," kata Tri.

Ia menuturkan, AsepĀ terseret ombak saat berenang di Pantai Karang Papak. Namun ombak besar kemudian tiba-tiba datang dan menyeret warga Ciputri, Kecamatan Cimindi, Kabupaten Bandung Barat, itu ke tengah lautan. Enam orang yang berwisata bersama dia juga nyaris terbawa ombak.

AYO BACA : Waduh! Warga Kampung Pulo Tak Kenal Caleg

"Enam temannya dapat menyelamatkan diri ke pantai, sedangkan korban terbawa arus dan tenggelam, diduga korban tidak bisa berenang," katanya.

Koordinator Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan dalam upaya pencarian personel SAR menyusuri pantai dari mulai lokasi awal korban hilang ke arah barat dan timur pantai.

"Penyisiran darat ke arah barat sejauh satu kilometer, penyisiran darat ke arah timur sejauh satu kilometer," katanya.

Joshua mengimbau masyarakat, khususnya wisatawan yang berkunjung ke pantai untukĀ berhati-hati dan selalu mewaspadai risiko kecelakaan laut seperti terbawa arus ombak yang sewaktu-waktu datang.

Dia juga menyarankan agar warga menghindari daerah sekitar sungai yang termasuk ke dalam kawasan pantai, yang sudah dinyatakan berbahaya untuk berenang saat hujan. "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas, khususnya di pantai maupun di sungai," katanya.

AYO BACA : Puluhan Ribu Surat Suara Pilpres di Garut dalam Kondisi Rusak

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar