Yamaha Aerox

Baru Dibangun, Plafon Gedung Setda Kota Cirebon Ambruk

  Selasa, 09 April 2019   Erika Lia
Plafon atap di lantai 5 Gedung Baru Setda Kota Cirebon ambruk. Setidaknya peristiwa itu terjadi di tiga lantai gedung yang dibangun dengan biaya sekitar Rp86 miliar ini.
CIREBON, AYOBANDUNG.COM- Plafon atap gedung baru Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon ambruk. Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon berencana mengawasi proses perbaikannya.
 
Berdasarkan informasi, plafon yang ambruk menimpa sedikitnya tiga lantai berbeda, masing-masing ruang lantai 4, lantai 5, dan lantai 7. Tak hanya plafon yang ambruk, pada bagian atap di lantai 2 juga tampak rembesan air.
 
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengaku, otoritas terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon dan pihak kontraktor telah meninjau langsung lokasi. Ambruknya plafon sendiri terjadi pada Senin (8/4/2019) malam.
 
"PU (DPUPR) dan kontraktor sudah melihat langsung untuk mencari penyebabnya," katanya, Selasa (9/4/2019).
 
Dia meyakinkan, secara kasat mata, penyebab plafon ambruk bukan karena hujan berintensitas tinggi yang turun di Kota Cirebon selama beberapa hari terakhir. Penyebab kejadian itu, katanya, lebih karena instalasi pipa (plumbing) di lantai 8 lepas.
 
Menurutnya, instalasi pipa di lantai itu memang bermasalah hingga menyebabkan beberapa kejadian. Kondisi itu tak lepas karena tekanan tangki air (toren) yang terhitung besar yang ada di lantai 8.
 
"Satu toren berisi 5.000 m3, sementara total ada lima toren sehingga ada beban air 25.000 m3 (di lantai 8)," tuturnya.
 
Untuk menahan beban sebesar itu, lanjutnya, dibutuhkan sambungan instalasi pipa yang sangat kuat. Sejauh ini, Agus memastikan,ambruknya plafon menjadi tanggung jawab pihak kontraktor.
 
Namun begitu, sebelum perbaikan dilakukan, pemkot akan mengecek lebih dulu instalasi pipa yang bermasalah itu. Pemkot tak menghendaki kejadia serupa terulang di kemudian hari.
 
"Plumbingnya akan kami cek dulu. Jangan sampai setelah diperbaiki, plafon dipasang lagi, tapi kemudian plumbingnya lepas," janjinya.
 
Dalam kejadian itu sendiri diketahui tak ada korban mengingat peristiwa berlangsung malam hari. Gedung baru Setda Kota Cirebon dibangun setinggi delapan lantai.
 
Pembangunan dimulai sejak 2016 untuk menggantikan bangunan kantor yang dinilai sudah tak layak dengan mengalokasikan anggarkan Rp86 miliar. Gedung baru itu didirikan di atas lahan bangunan kantor lama yang telah dirobohkan lebih dulu sebelumnya. Posisinya berada di belakang Balai Kota Cirebon yang merupakan bangunan cagar budaya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar