Yamaha

Berantas TBC, Sekda Jabar Minta Daerah Punya Rencana Aksi

  Selasa, 09 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Jawa Barat (Jabar) adalah salah satu daerah yang memiliki angka penderita penyakit tuberkulosis (TB/TBC) yang tergolong tinggi di Indonesia. Dari total 842 ribu kasus di Indonesia, sebanyak 127 ribu di antaranya terjadi di Jabar.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa mendorong seluruh kabupaten/kota se-Jabar untuk merancang rencana aksi daerah (RAD) untuk penanggulangan TBC. Hingga saat ini, Iwa mengatakan, baru lima daerah di Jabar yang telah memiliki RAD TBC.

AYO BACA : TBC Sebabkan Kematian Terbanyak Ketiga

"Sementara 22 kota kabupaten di Jabar lainnya terus didorong untuk memiliki RAD penanganan TBC," katanya saat ditemuii Gedung Sate, Bandung, Senin (8/4/2019).

RAD untuk TBC berperan sebagai acuan langkah bagi para stakeholder di daerah untuk mengentaskan TBC dengan strategi yag telah dirumuskan. Tak melulu Dinas Kesehatan dan dinas terkait, namun juga hingga melibatkan peran masyarakat. "RAD ini bagaimana kita menyelesaikan supaya TBC tidak ada di Jabar," ujarnya. 

AYO BACA : Hindari Resisten Obat, Pengobatan TBC Harus Konsisten

Salah satu hal yang dimasukkan dalam RAD TBC adalah mengenai sosialisasi. Kedua, adalah yang bersifat pengobatan bagi penyakit tersebut. Termasuk untuk melakukan pengecekan langsung ke beberapa tempat seperti ke sekolah, lembaga pemasyarakatan, hingga TNI.

"Setelah diidentifikasi, dari sini lalu kita fokus menangani kepada yang terkena TBC," katanya.

Untuk mempercepat pemberantasan TBC, Iwa mengatakan pihaknya akan terus meminta para kepala daerah untuk segera merumuskan dan mengimplementasikan RAD. Pasalnya, TBC juga merupakan penyakit yang ditargetkan akan hilang pada 2030 mendatang.

"Kita akan dorong 22 kabupaten kota bikin peraturan bupati/wali kota untuk segera diimplementasikan," ungkap Iwa.
 

AYO BACA : Kasus TBC di Jabar Baru 50% Teratasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar