Yamaha Mio S

Begini Cara Diet buat Ibu Menyusui

  Minggu, 07 April 2019   Anya Dellanita
Talkshow 'Diet Sehat dan Asupan Gizi Ibu Menyusui'. (Anya Dellanita/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Banyak yang bilang menyusui adalah momen sempurna untuk mendekatkan ibu dan bayi. Namun, sebagai seorang wanita, tak aneh kalau hampir semua ibu ingin menurunkan berat badannya agar terlihat cantik kembali.

Permasalahan inilah yang melatarbelakangi hadirnya talkshow 'Diet Sehat dan Asupan Gizi Ibu Menyusui' di Point Lab, Graha Pos Bandung, Minggu (7/4/2019). Berbagai tips dan trik diet dikupas dalam acara ini, tentunya dengan narasumber ahli, yakni Functional Medice Practicional, dr. Prama Aditya dan Healthy Lifestyle Mom, Maya Melivyanti. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama finnayudharisman.com, snack Mama Ngemil, dan tentunya Point Lab.

"Diet sehat era modern itu lebih ke mindset dan disiplin menjalankan pola hidup," ujar dr. Prama saat menyampaikan materi. 

AYO BACA : 10 Makanan untuk Tingkatkan Produksi ASI

Menurutnya, diet baik adalah yang asupan gizinya seimbang. Porsinya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak melakukan cheating atau ngemil camilan tidak sehat di luar jam makan.

Saat menyampaikan materi, dokter milenial ini juga menjelaskan, ibu menyusui yang ingin langsing kembali ternyata bukanlah perkara yang sulit. Hal ini disebabkan menyusui merupakan aktivitas yang dapat membakat kalori. Terlebih lagi jika si bayi sudah punya jam intensif minym ASI, karena otomatis asupan gizi dari ibu akan diserap oleh bayi.

"Diet paling efektif itu justru di saat menyusui loh, tapi kuncinya pada pemilihan asupan dan gizi Ibu. Jadi, yang harus diperbanyak adalah sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat dan protein. Juga harus diperbanyak minum air putih. Sehingga setiap kita lapar, cukup makan asupan yang sehat saja," kata dia.

AYO BACA : Manderuna, Baju Ibu Menyusui yang Gaya dan Modern

Selain itu, dr. Prama juga mengatakan makanan terbaik bagi ibu menyusui bisa didapat dari nasi merah, sereal, roti gandum, dan umbi-umbian. Tak hanya itu, konsumsi sayur dan buah-buahan juga jadi hal wajib. 

"Kenapa banyak kasus ibu menyusui yang obesitas dan enggak bisa mengontrol berat badannya? Itu karena ibu hamil melahap junkfood di saat ia lapar. Baiknya sih camilan itu diganti buah-buahan segar, serta menghindari tepung dan gorengan yang berlemak," ucapnya.

dr. Prama menambahkan, diet sehat untuk ibu menyusui juga tidak bisa lepas dari ekstra protein buat asupan si bayi. Untuk itu, ibu bisa mengonsumsi protein dari daging merah, ayam, telur, hingga ikan.  

"Biar ibu dan anak sehat, baiknya makan ikan yang mengandung omega-3. Kandungannya aman dan rendah lemak, juga bergizi buat si bayi," tuturnya.

AYO BACA : Mengentaskan Stunting dengan ASI

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar