Yamaha Mio S

Susah Beli Tiket Kereta untuk Lebaran? Simak Tips Ini

  Minggu, 07 April 2019   Fira Nursyabani
Sejumlah petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta mendorong alat pemutar lokomotif (turn table) di Depo Loko Jatinegara, Jakarta, Senin (4/3/2019). (ANTARA FOTO/Zuhdiar Laeis)

ANDIR, AYOBANDUNG.COM -- Kereta api adalah salah satu primadona transportasi untuk mudik. Dengan alasan harga yang terjangkau dan waktu tempuh yang relatif cepat, tiket kereta api selalu diburu calon pemudik. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan dengan berbagai tujuan mulai 6 April pukul 00.01 WIB. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, situs resmi kai.id, dan berbagai sarana penjualan tiket resmi KAI lainnya.

Berikut ini beberapa tips dari KAI yang bisa digunakan oleh calon penumpang saat melakukan perburuan untuk mudik:

1. Usahakan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari rute dan tanggal alternatif. Jika tiket yang Anda inginkan habis, Anda bisa cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, Anda bisa memesan jalur Jakarta – Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak. Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta – Cirebon lalu Cirebon – Solo. Jika bisa, hindari tujuan favorit agar terhindar dari keramaian.

AYO BACA : Tiket Garuda tak Terpengaruh Tarif Batas Bawah Baru

Tujuan favorit masyarakat di antaranya adalah keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya. 

Pastikan jadwal transit antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.

3. Cek ketersediaan tiket secara berkala. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal, baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access, untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.

Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI.

KAI juga menghimbau kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar.

AYO BACA : HUT BUMN, Garuda Indonesia Beri Diskon Tiket Penerbangan Domestik

Selain itu, pada saat perjalanan lebaran nanti, diharapkan para penumpang untuk tidak membawa banyak barang berlebihan. Hal ini agar kenyamanan penumpang lain saat berada di stasiun dan di dalam kereta tetap terjaga.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga, KAI meminta agar para penumpang tidak memakai perhiasan yang mencolok selama perjalanan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama masa angkutan Lebaran, KAI kembali akan menggelar program pembagian takjil gratis kepada penumpang di stasiun-stasiun besar dan buka sahur gratis kepada seluruh penumpang KA (kecuali KA Lokal).

Kegiatan ini berlangsung pada sepuluh hari terakhir di bulan puasa. Pada tahun lalu pembagian hidangan puasa ini berjalan sukses dan menuai tanggapan positif dari penumpang.

Oleh sebab itu, KAI melanjutkan program tersebut tujuannya agar penumpang tidak perlu repot-repot mencari atau menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur saat sedang dalam perjalanan.

“KAI akan melakukan posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei s.d 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun.” ujar Dirut KAI, Edi Sukmoro. (Alya Dinda)

AYO BACA : PT KAI Operasikan 30 KA Tambahan Lebaran 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar