Yamaha Lexi

Sampurasun, Tas Ikonik dan Kekinian Asli Bandung

  Sabtu, 06 April 2019   Fathia Uqimul Haq
Aeni Shaesarita memperlihatkan produk tas Sampurasun.(Fathia)
COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Sampurasun memiliki banyak motif tas yang 'Bandung Banget'. Tas yang dibuat dari kecintaan seorang wanita kepada Bandung ini menjadi jalan hidupnya mengarungi bisnis tas berdesain unik. 
 
Aini Shaesarita (34) adalah seorang desainer yang mencintai Kota Bandung. Dia merasa harus berkontribusi terhadap Bandung melalui ilustrasi tentang Bandung yang dituangkan ke dalam sebuah tas. 
 
Berbagai Ide ini didapatkan ketika Wali Kota Bandung 2013-2018 Ridwan Kamil. Dia melihat banyak perubahan dari tangan Kang Emil, misalnya Taman Dago yang berubah menjadi cantik, bus bandros, juga Kang Emil yang memanggil Istrinya Si Cinta. 
 
"Apalagi waktu zaman Kang Emil UMKM itu berkembang banget makanya kita punya tiga seri yang booming yang menggambarkan tentang Kota Bandung," katanya kepada pewarta Ayobandung.com, Sabtu (6/4/2019). 
 
Dia mengeluarkan tiga desain yang bernama Bandung juara kuliner dan legenda. Desain Bandung juara seperti Taman Dago dan bus Bandros dibuat ilustrasi yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah tas. 
 
Ada juga edisi kuliner yang menggambarkan surabi oncom dan keripik pedas. 
 
"Ada juga sering legenda kita mengeluarkan gambar Sangkuriang Cepot dan Kabayan ternyata respons orang itu sangat bagus dan mereka senang," jelasnya. 
 
Bisnis yang ia mulai sejak 2013 ini telah mencapai penjualan 600 buah tas dalam sebulan. Tas Sampurasun yang terdiri atas totebag, sling bag, dan clucth dibanderol Rp100.000 sampai Rp130.000. 
 
Sampurasun dibuat dari kanvas polyester sehingga tahan air. Bahkan, share it out baiknya juga bisa dijadikan sling bag. 
 
Bahkan, istri Kang Emil yakni  Atalia Praratya juga pernah memesan tas Sampurasun  untuk dibuatkan desain gambar Kang Emil dengan Atalia yang mengenakan sarimbit. 
 
"Ia  mengontak kami untuk dibuatkan motifnya," ujarnya. 
 
Sampurasun yang punya tagline 'Cacandakan Asli Ti Bandung' ini sudah memiliki 14 motif. Tasnya sudah berada di Little Bandung yang terletak di Makassar.  Dalam beberapa kesempatan tas khas Sampurasun juga dipakai untuk tamu kenegaraan Gubernur Jawa Barat sebagai goodie Bag. 
 
"Karena ini sudah ada jalannya makanya suami dan saya sekarang fokus untuk mengembangkan Sampurasun kedepan kami akan berencana mengeluarkan desain baru. Mungkin setelah lebaran," ucapnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar