Yamaha NMax

7 Makanan Khas Bandung yang Hits dan Paling Dicari Wisatawan

  Sabtu, 06 April 2019   M. Naufal Hafiz
Seblak Jebred Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Buat kamu yang hobi jalan-jalan dan belanja, tentunya Bandung menjadi daftar kota utama. Selain dikenal sebagai surganya belanja karena banyak factory outlet yang menyediakan baju keren dan murah, Bandung juga dikenal sebagai surga kuliner. Banyak camilan dan jajanan enak di sini.

Nah, setelah lelah belanja, cocok kan jika kita mampir dulu buat mencicipi makanan di beberapa pusat kuliner. 

Lantas, kira-kira ada makanan enak apa saja ya di Bandung? Mari simak ulasan yang telah Ayobandung.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Seblak

Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Biasanya seblak ditambah juga sayuran dan topping-topping lain seperti potongan daging ayam, batagor, dan lain-lain.

Sebenarnya, seblak ada dua jenis, basah dan kering. Namun, yang lagi ngehits di Bandung adalah seblak basah. Biasanya, seblak basah sering dicampur dengan mi dan kwetiaw.

Buat kamu yang ingin mencicipi seblak enak bisa coba datang ke Seblak Basah Deu Tjeunghar di Jalan Purnawarman, Seblak Oces di Jalan Tamansari, dan Warunk Rame yang menyediakan seblak cilok di Jalan Braga.

Untuk harga, seblak basah biasanya berkisar antara Rp8.000-Rp20.000, tergantung banyaknya topping.

2. Lotek

Makan lotek adalah salah satu cara menjadi sehat dengan rasa yang enak. Bahan untuk membuat lotek yaitu sayuran segar yang dibanjur dengan saus kacang yang lezat. Tampangnya mirip dengan makanan terkenal asal Jakarta, gado-gado.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Assasin, Cokelat Tempe Asal Kecamatan Coblong yang Tembus Pasar Dunia

Nah, jika kamu ingin mencicipi lotek legendaris asal Bandung, kamu bisa datang ke Lotek Macan Bandung di Jalan Macan nomor 1 Bandung.

3. Batagor

Ingat Bandung, ingat batagor. Ya, batagor biasanya salah satu kudapan yang sering dicari-cari orang saat berkunjung ke Bandung.

Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Mirip dengan baso tahu biasa, batagor juga terbuat dari campuran tahu, adonan ikan tenggiri, dan tepung tapioka. Bedanya, jika baso tahu dikukus, batagor ya digoreng.

Cara penyajiannya juga sama. Setelah dipotong-potong, disiram dengan saus kacang dan kecap. 

Jika kamu ingin mencoba batagor lezat, kamu bisa datang ke Batagor Abuy, Batagor Riri, dan Batagor Kingsley yang sudah tersohor di Bandung.

4. Surabi 

Siapa yang tak kenal surabi? Makanan yang terbuat dari tepung dan santan yang dibakar di  atas tungku dalam cetakan tanah liat ini disukai orang karena teksturnya yang empuk dan gurih.

Dulu, surabi hanya memiliki dua rasa, pedas oncom yang gurih dan manis dengan saus kinca. Namun kini, surabi sudah banyak dimodifikasi, ada rasa durian, stroberi, cokelat, dan masih banyak lagi. 

Nah, di Bandung ada toko yang menjual surabi dengan berbagai rasa, namanya Surabi Enhaii. Jika ingin berkunjung, kamu bisa datang langsung ke Jalan Setiabudi nomor 137, tepat di depan kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Basmi Lapar dengan Bakso Balap

5. Tahu Susu Lembang

Selain sate kelinci, tahu susu di Lembang juga merupakan salah satu makanan yang paling dicari wisatawan. 

Sesuai namanya, tahu ini terbuat dari kedelai yang dicampur dengan susu. Karena itu, rasa tahunya menjadi gurih dan teksturnya lembut. Tahu Susu Lembang juga memiliki tekstur padat, tidak kosong di tengahnya.

Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp15.000 per 10 buah tahu. Namun, hati-hati, harga bisa tiba-tiba berubah ya.

Nah, jika penasaran, kamu bisa langsung datang ke gerai Tahu Susu Lembang di Jalan Raya Lembang nomor 177.

6. Perkedel Bondon

Buat kamu yang ingin ngemil malam-malam, mungkin bisa coba camilan satu ini. Namanya Perkedel Bondon.

Sesuai dengan namanya, kedai perkedel ini hanya buka saat malam, mulai pukul 22.00-04.00 WIB. Harganya cukup murah, hanya Rp2000 untuk satu buah perkedel.

Jika kamu ingin mencicipi, bisa datang langsung ke Stasiun Hall Bandung, Jalan Stasiun Timur 1 atau di Jalan Kebon Kawung nomor 43 Bandung 

7. Colenak

Rasanya tak lengkap jika ke Bandung tanpa mencicipi colenak. Makanan manis yang terbuat dari peuyeum atau tape yang dibakar dan disiram dengan campuran air gula jawa dan parutan kelapa ini memang lezat.

Nah, di Bandung ada warung colenak yang sudah terkenal ke mana-mana. Namanya, Colenak Murdi Putra. Letaknya di Jalan Jendral Ahmad Yani nomor 733 Bandung.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Makan Bakso di Hotel Cuma Rp25.000

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar