Yamaha NMax

Embarkasi Haji Bakal Ada di Indramayu, Pembangunannya Mulai 2020

  Jumat, 05 April 2019   Erika Lia
Jemaah Haji. (Istimewa)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM--Embarkasi haji diagendakan dibangun di Kabupaten Indramayu pada 2020 mendatang. Untuk ini pemerintah pusat menganggarkan Rp70 miliar.

Demi kepentingan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu menyerahkan aset tanah hibah seluas sepuluh hektar kepada Direktorat Jendral (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI.

AYO BACA : Bandara Kertajati Belum Digunakan untuk Embarkasi Haji

"Pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran Rp70 miliar untuk pembangunan embarkasi haji di Kabupaten Indramayu pada 2020," kata Ditjen PHU Kemenag RI, Nizar Ali saat di Indramayu belum lama ini.

Embarkasi haji tersebut diharap dapat mengoptimalkan keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka. Optimalisasi itu berlaku ketika jamaah haji dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur menginap di embarkasi haji Indramayu, sebelum terbang melalui BIJB.

AYO BACA : Sekda Sambut Kloter Pertama Jemaah Haji Jabar

Menurutnya, Indramayu dipilih dengan maksud menumbuhkan sektor perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, impian museum haji di Kabupaten Indramayu ke depan diharapkan terwujud agar Indramayu terkenal.

"Kabupaten Indramayu sudah layak sebagai daerah dibangunnya embarkasi haji atas izin gubernur dan pemerintah pusat karena ingin menumbuhkan titik perekonomian yang maju dan berdaya saing," paparnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo menyebut, embarkasi haji rencananya dibangun di Kecamatan Lohbener. Rencana itu sendiri disambutnya positif.

"Embarkasi haji rencananya dibangun dekat jalan pantai utara (pantura) Kecamatan Lohbener," tuturnya.

Pihaknya bangga Indramayu terpilih sebagai lokasi pembangunan embarkasi haji, mengingat daerah lain pun menginginkannya. Menurutnya, Indramayu memang layak dan siap untuk pembangunan embarkasi haji.

AYO BACA : Jemaah Haji Dikenakan Biaya Visa Haji Progresif

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar