Yamaha Mio S

Jabar Akan Bangun Sejumlah Waduk pada 2019

  Jumat, 05 April 2019   Fira Nursyabani
Acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Bandung, Kamis (4/4/2019). (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Pusat melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (DPSDA) Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun ini  akan membangun sejumlah bendungan. Salah satu di antaranya adalah Waduk Darma di Kabupaten Kuningan.

"Pemerintah pusat merencanakan membangun beberapa bendungan atau waduk di Jabar dan untuk pembangunan waduk seluruhnya sudah konstruksi, hanya Waduk Kuningan yang masih terhambat persoalan pembebasan lahan," kata Kepala DPSDA Jabar, Linda Amin pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Bandung, Kamis (4/4/2019).

AYO BACA : Pembangunan Bendungan Kuningan Terhambat Pembebasan Lahan

Linda mengatakan, untuk memberikan ganti untung kepada masyarakat yang terkena genangan di Waduk Darma di Kabupaten Kuningan, harus ada Peraturan Presiden yang menjadi dasar hukum.

"Jadi untuk menyediakan lahan dan uang masyarakat Waduk Kuningan yang bedol desa, jika tanpa peraturan presiden maka akan menjadi masalah kementerian yang memberikan ganti untung. Saat ini perpres tersebut sudah dibahas dengan staf presiden," kata dia.

AYO BACA : Pembangunan Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Ditargetkan Selesai November

Menurut dia, pada dasarnya masyarakat sudah siap untuk ganti untung asal ditempatkan bersama-sama dengan tetangga satu desanya. Bahkan dana untuk pembebasan lahan tersebut sudah ada.

"Namun sebelum ada aturan yang memayungi, ini belum bisa dikeluarkan. Total warga ada sekitar di bawah 50 kepala keluarga atau KK," katanya.

Selain itu, tahun ini Pemprov Jabar juga akan merevitalisasi dan menata sejumlah waduk lainnya bendungan atau situ seperti Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat, Situ Rawa Kalong di Kota Depok, Sungai Kalimalang di Kota Bekasi, dan Break Water di Kabupaten Pangandaran.

Di sektor waduk, kata Linda, Pemprov Jabar mendukung program strategis pemerintah pusat yang akan menghadirkan tujuh bendungan di Jawa Barat.

Sementara Program 100 Embung Juara baru akan dimulai pada 2020 di mana tahap pertama akan direvitalisasi 50 embung, kemudian pada 2021 ada 30 embung dan tuntas seluruhnya dengan tambahan 20 embung pada 2022. 

AYO BACA : Progres Pembangunan 7 Bendungan Proyek Strategis Nasional di Jawa Barat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar