Yamaha NMax

Puluhan Rumah di Dua Desa di Kecamatan Cililin Tertimpa Longsor

  Jumat, 05 April 2019   Faqih Rohman
(Ilustrasi) Warga melihat jalan yang terputus akibat longsor di jalur wisata, Karang Tengah, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

CILILIN, AYOBANDUNG.COM -- Puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tertimpa longsoran tanah pada Kamis (4/4/2019) malam. Tanah longsor terjadi karena tingginya intensitas hujan dan kondisi tanah yang labil. 

Kabid Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Dicky mengatakan longsor terjadi di dua desa yakni di Desa Nanggerang dan Karyamukti. Akibatnya sebanyak 79 rumah mengalami rusak berat dan ringan.

AYO BACA : Tanah Longsor Tutup Sebagian Jalur Bandung-Garut

Selain menimpa bangunan rumah, material tanah pun merusak fasilitas publik di antaranya jalan sepanjang 50 meter, dan 200 meter, satu jembatan dan satu ruangan kelas SDN Sugiharti yang mengalami kerusakan berat.

"Di Desa Nanggerang tujuh rumah rusak berat, 26 rusak ringan, satu jembatan dan satu ruang kelas. Di Desa Karyamukti 14 rumah rusak berat dan 32 rumah rusak ringan," ujarnya melalui sambungan telepon, Jumat (5/4/2019).

AYO BACA : Hujan Deras Guyur Ciwidey, Dua Rumah Tertimbun Longsor

Dia menyebutkan pihaknya telah menurunkan sejumlah personel dan peralatan ke lokasi bencana untuk membersihkan material longsoran dan pertolongan. Lalu, petugas pun telah mendistribusikan logistik kepada para korban. 

"Kami koordinasi dengan pihak terkait untuk pembersihan dengan alat berat dan gotong royong dengan warga. Kami juga sudah memasang rambu-rambu waspada terhadap bencana di lokasi," katanya. 

Dicky menuturkan, pada bencana longsor ini tidak terdapat korban jiwa. Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kembali longsor susulan, personel BPBD KBB telah memasang tanggul darurat atau bronjong di pinggir jalan.

"Khusus untuk jembatan penghubung Desa Naggerang menuju Desa Karyamukti perlu dilakukan penanganan lebih lanjut dengan memasang jembatan darurat dari bambu karena menghambat akses jalan," ungkapnya.

AYO BACA : Bupati Bandung Minta Warga Waspada Longsor Usai Hujan Deras

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar