Yamaha Lexi

Tanah Longsor Tutup Sebagian Jalur Bandung-Garut

  Jumat, 05 April 2019   Fira Nursyabani
Longsoran tanah menutup sebagian badan jalan provinsi di jalur Bandung-Garut, tepatnya di Talegong, Kabupaten Garut. (ANTARANEWS/Feri Purnama)

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Longsoran tanah menutup sebagian badan jalan provinsi di jalur Bandung-Garut, tepatnya di Talegong, Kabupaten Garut. Hal ini membuat kendaraan tidak bisa melewati jalan itu sejak Kamis (4/4/2019) malam hingga Jumat (5/4/2019) siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Djakaria mengatakan longsoran tanah dari tebing menutup badan jalan sehingga tidak bisa dilewati kendaraan beroda dua maupun empat.

AYO BACA : Hujan Deras Guyur Ciwidey, Dua Rumah Tertimbun Longsor

"Akses jalan provinsi tidak bisa dilalui," katanya.

Hujan deras yang lama mengguyur wilayah selatan Garut pada Kamis malam menyebabkan tanah longsor di beberapa titik, yang paling besar di kawasan Curug Citalegong, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong.

AYO BACA : 6 Rumah dan Satu Masjid di Tasik Terancam Longsor

"Longsor juga membuat warung hancur tertimpa pohon, perkiraan kerugian Rp30 juta, korban jiwa tidak ada," kata Dadi.

Petugas BPBD Garut bersama masyarakat setempat sudah berupaya untuk menanggulangi dampak tanah longsor tersebut, termasuk membersihkan longsoran tanah dari jalanan supaya jalan bisa segera dilewati kendaraan.

Guna membersihkan longsoran tanah, BPBD Garut berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat untuk menurunkan alat berat.

AYO BACA : Bupati Bandung Minta Warga Waspada Longsor Usai Hujan Deras

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar