Yamaha Aerox

Ayo Kenalan dengan Komunitas Menari Bandung

  Selasa, 02 April 2019   Anya Dellanita
Workshop Tari Sunda Klasik. (Alya Dinda)

SUMUR BANDUNG,AYOBANDUNG.COM--Kelas Menari Bandung menggelar Workshop Pengenalan Tari Sunda Klasik di Braga City Walk, Sabtu (30/03/2019). Workshop tersebut diikuti oleh para pelajar, turis, dan para pecinta tari Sunda. Workshop Pengenalan Tari Sunda Klasik ini, merupakan kerja sama dengan Weekend Workshop (WeWo) dan dukungan penuh dari Braga City Walk.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengenalan awal, membangun kepedulian bersama, serta memberikan ruang berlatih untuk mempelajari Tari Sunda Klasik. Instruktur dalam workshop ini adalah Teuku Abuzar Akbar (21) dan Siti Hofsah (26).

Dalam workshop tersebut terdapat pengantar tari sunda klasik, demonstrasi ragam gerakan Tari Sunda Klasik, serta latihan bersama. Ketika melakukan praktek menari, seluruh peserta menggunakan kain (sinjang) dan selendang (sampur) sebagai atribut tari.

Pada akhir acara, terdapat pertunjukan tari Sulintang dan tari Topeng Tumenggung yang dibawakan oleh kedua instruktur workshop, Teuku dan Siti.

Andalusi Apsari, selaku pendiri komunitas Kelas Menari Bandung dan koordinator acara, mengadakan workshop ini dengan bantuan teman-temannya. Sebagai pecinta tari sunda klasik, Lusi memiliki semangat yang tinggi untuk melestarikan budaya Sunda.

"Budaya Indonesia begitu beragam dan dikagumi di berbagai dunia. Karena itu saya merasa bahwa sebagai orang Indonesia, kita harus bangga dengan budaya kita sendiri dan melestarikannya." tutur Lusi.

Lusi tergerak untuk ikut serta melestarikan tari sunda klasik setelah bertahun-tahun tinggal di luar negeri. Saat itu, dia melihat budaya Indonesia begitu dikagumi dan diminati di kalangan asing. Hal itu pun mendorongnya untuk mempelajari dan mendalami budaya Sunda. Ketika baru kembali ke Indonesia dan tinggal di Bandung, dia mengadakan kelas kecil tari sunda klasik dengan menggunakan jasa pelatih. 

"Awalnya saya hanya mengadakan kelas privat tari sunda klasik. Saya memanggil pelatih yang sudah saya kenal lama. Pengikut kelasnya juga awalnya teman-teman saya sendiri, tapi ternyata semakin banyak peminatnya. Setelah dapat berbagai dorongan, akhirnya kelas ini dirutinkan dan dibentuk komunitas," tambahnya.
 
Kelas Menari Bandung adalah sebuah komunitas masyarakat pecinta seni yang bergerak khususnya di bidang seni tari nusantara. Perkumpulan ini berupaya menampung peminat-peminat seni tari dari berbagai kalangan, berbagai usia, dengan tingkatan kemampuan menari yang beragam mulai dari pemula sampai tingkat mahir. 

Idenya adalah berbagi ilmu dalam hal wiraga wirama wirasa, olah tubuh dan olah jiwa dengan tujuan menjaga kesehatan jiwa raga sekaligus menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya tradisional Indonesia. Saat ini latihan-latihan yang sudah dilakukan adalah tarian-tarian Sunda klasik, Bali, dan Jawa Tengah di Braga City Walk dan di beberapa studio di Bandung. (Alya Dinda)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar