Yamaha Lexi

500 Karung Pasir Digunakan untuk Perbaiki Tanggul Penyebab Banjir Jatiasih

  Senin, 01 April 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Perbaikan sementara tanggul Kali Cakung di Perumahan Cahaya Kemang Permai di Jalan Sedap Malam, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (1/4/2019). (Istimewa)

JATIASIH, AYOBANDUNG.COM—Tanggul jebol di wilayah Perumahan Cahaya Kemang Permai di Jalan Sedap Malam, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, yang menyebabkan banjir mulai diperbaiki petugas dari Kementerian PUPR di bawah Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Senin (1/4/2019).

Petugas Satuan Operasi dan Pemeliharaan III BBWSCC, Iwan Aditya, mengatakan, perbaikan dilakukan dengan menutup tanggul yang jebol dengan materi terpal dan 500 karung berisi pasir. 

AYO BACA : Tanggul Pasirjati Jebol, Ridwan Kamil Minta Bupati Bandung Cek Perkebunan di Hulu

Menurutnya, susunan karung yang ditumpuk dan sebelumnya dilapisi terpal ini setidaknya mampu menahan aliran air dari kali walaupun sifatnya hanya sementara. 

"Ini penanganan sementara agar ketika hujan air tidak tumpah ke permukiman warga. Rencana perbaikan permanen baru bisa dilakukan ketika musim kemarau," kata Aditya.

AYO BACA : Tanggul Pasirjati Belum Diperbaiki, Kantor UPTD Disbun Jabar Terendam

Sebelumnya, perumahan ini terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Kali Cakung dan mengakibatkan air kali Cakung masuk ke perumahan warga mulai pukul 15.30 WIB Minggu (31/3/2019) kemarin.

"Jebol sekitar 10 meter mengakibatkan banjir di Perumahan Cahaya Kemang Permai (CKP), Citra Bina Lestari, Perumahan Kramat 1, Kramat 2, Perumahan Bumi Nasio Indah, dan Perumahan Dosen Ikip," terang Wakil Ketua Satgas BPBD Kota Bekasi Karsono. 

Dijelaskannya, ketinggian air bervariasi mulai dari 30-40 centimeter, hingga tertinggi 1-1,5 meter. Di sejumlah lokasi tersebut, setidaknya terdapat 740 kepala keluarga terkena dampak rendaman air.

AYO BACA : Kota Bekasi Terancam 6 Tanggul Rawan Jebol

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar