Yamaha Aerox

Pemprov Jabar dan Jateng Akan Majukan Wilayah Perbatasan

  Senin, 01 April 2019   Fira Nursyabani
Sejumlah warga bermain di miniatur Kereta Api Kuno di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tol di ruas tol Pejagan-Pemalang KM 260 B Desa Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

SEMARANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan Jawa Barat sepakat membangun dan mengembangkan wilayah perbatasan kedua provinsi guna mengurangi ketimpangan dalam berbagai hal.

"Harus ada kerja sama yang intensif antarprovinsi untuk bersama-sama memajukan daerah perbatasan, terutama bagaimana melaksanakan pembangunan secara merata dan mengurangi ketimpangan di wilayah perbatasan," kata Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Semarang, Minggu (31/3/2019).

AYO BACA : DPRD Jabar Dorong Potensi Perindustrian dan Perdagangan di Jabar

Wagub yang akrab disapa Gus Yasin itu menyebutkan sinergitas pembangunan wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat mutlak diperlukan, termasuk kontribusi seluruh pihak terkait agar terwujud hasil nyata.

Ia menyebutkan, Kabupaten Cirebon di Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes di Jawa Tengah mempunyai potensi yang luar biasa di berbagai bidang. Namun Cirebon tidak bisa maju dan berdiri sendiri tanpa ditopang daerah sekitar, termasuk Brebes dan Banyumas.

AYO BACA : Yuk, Sumbang Gagasan Pembangunan Lewat Platform Warna Jabar

"Termasuk wilayah perbatasan di Jateng, seperti Kabupaten Brebes, pengembangan ekonominya akan semakin ditingkatkan, apalagi Brebes merupakan salah satu daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Jateng. Kami berharap kawasan industri di Cirebon juga merata ke arah timur sehingga pendapatan ekonominya berimbas ke Brebes," katanya.

Demikian pula, lanjut dia, potensi Kabupaten Cilacap dengan potensi sektor industri, yang berbatasan dengan Pangandaran dan Ciamis yang memiliki potensi pariwisata.

"Sebagai daerah pendukung, mereka harus berkolaborasi memajukan wilayah perbatasan," ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Hal tersebut disampaikan Gus Yasin saat menanggapi penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Jawa Tengah dan Jawa Barat tentang kerja sama pembangunan wilayah perbatasan serta penandatanganan program kerja pembangunan daerah perbatasan Provinsi Jateng-Jabar tahun 2020-2023.

AYO BACA : Pemprov Jabar Pamerkan Hasil Pembangunan Tahun 2018

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar