Yamaha Mio S

Dukung Earth Hour, Emil Padamkan Energi Listrik Gedung Sate dan Pakuan

  Minggu, 31 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka acara pemadaman energi listrik bersama yang dilakukan di Trans Studio Mall, Sabtu (30/3/2019). (fathia Uqim/ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemadaman selama satu jam atau kampanye Earth Hour ini disambut baik oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Selain sama-sama menyambut pemadaman di Trans Studio Mall, Ridwan pun mematikan listrik di Gedung Sate, Rumah Dinas Pakuan, dan rumah pribadinya di Cigadung. 

Menurutnya, pemadaman ini bisa membantu beban bumi yang terlalu berat oleh perilaku atau konsumsi energi manusia. Ia harap, gerakan simbolis ini bisa dirutinkan dalam keseharian tanpa harus diupacarakan.  

"Oleh karena itu saya dukung dan saya ucapkan selamat kota - kota yang inisiatifnya melebihi ekspektasi,"ujarnya, Sabtu (30/3/2019). 

Program in, kata Ridwan, harus lintas generasi. Tidak hanya untuk orang dewasa tetapi anak-anak sekolah sebagai   pemilik bumi di masa depan. Supaya gerakan global ini  bisa sama-sama mengurangi karbon  ke bumi.

Bahkan, Ridwan mengimbau kepada Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat untuk mematenkan Earth Hour sebagai program berkala.

" Kalau bisa jangan setahun sekali saya kira sebagai pemerintah bisa memberikan contoh melebihi yang standar. Ini sejatinya hanya simbolis. Kalau dilakukan setiap hari di waktu tertentu setiap minggu akan mengurangi beban energi," jelasnya. 

Ia menyebut Jawa Barat  sudah menuju sustainable green province. Buktinya, Ridwan telah mendapatkan   hibah sebesar 280 Milyar  untuk menyiapkan lima recycling facility plastik sebagai-satunya di Asia. 

"Di Jabar akan ada di tahun depan 5 Kota termasuk Bogor, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Bekasi, sehingga sampah plastik kita bisa daur ulang menjadi energi BBM solar untuk skala industri," paparnya. 

Ridwan menegaskan fasilitas ini tanpa menggunakan APBD.  Ia mendapatkan dari hasil lobi para investor untuk sama-sama mendukung gerakan provinsi Jawa Barat yang hijau dan pro lingkungan. 
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar