Yamaha

Ridwan Kamil: Saya Titipkan Bambu Jadi Produk IKEA

  Kamis, 28 Maret 2019   M. Naufal Hafizh
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil dan Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall, pemilik waralaba IKEA di Indonesia pada acara persemian IKEA di Bandung, di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/3/2019). (Dok ASJ)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap keberadaan toko perlengkapan rumah tangga dari Swedia, IKEA Indonesia, merangkul para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Jawa Barat.

"Saya berharap jika IKEA Bandung sudah jadi dibangun, produk-produk UMKM Jabar bisa juga dijual di sini. Misalnya di Cirebon itu kan penghasil kerajinan rotan, itu furniturnya unggul. Jadi, kami harapkan bisa merangkul UMKM Jabar," katanya saat memberikan sambutan pada peresmian pembangunan toko IKEA Bandung, di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/3/2019).

Emil mengatakan, salah satu produk UMKM Jawa Barat yang bisa diakomodasi oleh IKEA adalah bambu.

"Saya titipkan bambu bisa jadi produk IKEA di Kota Baru Parahyangan ini," kata Emil.

AYO BACA : Pemprov Jabar Dukung 100 Desa Kreatif Lewat Kreasi Bambu

Dia menuturkan, di Thailand ada sebuah desa miskin dan mayoritas penduduknya bekerja di dalam lingkaran obat-obatan terlarang yakni memproduksi opium.

Namun, kata dia, IKEA saat itu hadir di desa tersebut dan memberikan pelatihan keterampilan menenun hingga akhirnya warga di desa tersebut dikenal sebagai penghasil produk UMKM berkualitas.

"Mereka pindah dari menanam benda terlarang, tapi setelah diberikan pelatihan oleh IKEA mereka jadi warga desa yang memproduksi benda produktif. Model yang sama seperti di Thalaind bisa terapkan oleh IKEA Bandung di Jabar," kata dia.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini optimistis keberadaan IKEA Bandung di Jabar bukan hanya menjual produk semata tapi juga berkelanjutan membangun masyarakat sekitarnya.

AYO BACA : Sedotan Bambu, Solusi Murah Kurangi Plastik

" IKEA bukan hanya menjual, tapi juga sustainable. Saya titipkan desa miskin yang bisa dilatih. Kalau tipe investor yang berpikiran bukan hanya menjual tapi membangun juga itu pasti saya dukung," kata dia.

Peresmian pembangunan toko IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan merupakan toko pertama IKEA di luar Jakarta.

Acara persemian dibuka oleh Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall, pemilik waralaba IKEA di Indonesia dan dihadiri oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Kerajaan Swedia Marina Berg, dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

Patrik mengatakan, toko IKEA Bandung dibangun di atas lahan seluas 4,4 hektare dengan rencana bangunan seluas 35.000 meter persegi (atau hampir tiga kali luas Alun-Alun Bandung) dan menawarkan solusi perabot rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat Bandung.

Patrik Lindvall mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kedutaan Besar Kerajaan Swedia, dan seluruh pihak yang terlibat serta khususnya masyarakat Bandung atas dukungan dan penerimaannya terkait pembangunan toko IKEA di Bandung, Jawa Barat.

AYO BACA : Empat Perumahan Terendam Banjir, Sampah Bambu di Bendungan Koja Dibersihkan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar