Yamaha Mio S

Nasi Tutug Oncom Khas Tasik Menggetarkan Lidah

  Selasa, 26 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Nasi tutug oncom khas Tasimalaya. (Irpan Wahab/ayobandung)

SINGAPARNA, AYOBANDUNG.COM -- Jika Anda mengunjungi Tasikmalaya, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi Nasi Tutug Oncom atau yang lebih dikenal dengan Nasi TO. Nasi TO khas Tasikmalaya ini mudah ditemukan, baik di wilayah Kota Tasikmalaya maupun wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Nasi TO yang sudah dikenal berbagai kalangan masyarakat ini merupakan perpaduan nasi putih dengan oncom  yang sudah ditambahi bumbu seperti jahe, kencur, bawah putih dan garam. Nasi putih hangat dan oncum itu disatukan dan diaduk.

Di antara sekian banyak warung makan yang menyajikan TO, patut dicoba nasi TO buatan warung makan Sederhana yang berada di jalan Raya Timur Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Di warung makan ini, Nasi TO dipadukan dengan lalapan, goreng tahu, pepes tahu, goreng tempe dan sambal terasi.

"Kita juga berikan goreng ikan teri diatas Nasi TO untuk memberikan sensasi rasa yang beda, " papar Rahmat Saleh pemilik warung makan Sederhana, Selasa (26/3/2019).

Ditambahkan Rahmat, selain menggunakan oncom yang berkualitas baik, cara menanak nasi juga sangat menentukan rasa nasi TO. Nasi putih tidak dimasak dengan menggunakan rice cooker, namun dimasak secara manual dan diaduk atau dalam bahasa Sunda diakeul.

"Jadi cara masak nasinya juga beda. Kerasanya lebih pulen dan berisi. Kita juga tidak sembarangan pakai oncom. Alhamdulilah itu resep turun temurun dari nenek saya," papar Rahmat.

Untuk menikmati Nasi TO warung Sederhana ini tidak membutuhkan uang banyak. Cukup dengan Rp12.000 sudah bisa menikmati nasi TO komplet.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar