Yamaha Aerox

PD Pasar Bermartabat Bebenah Fasilitas Pasar Baru

  Selasa, 26 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Pihak PD Pasar dalam agenda Bandung Menjawab di Balai Kota, Selasa (26/3/2019). (Fathia Uqimul Haq /Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—PD Pasar Bermartabat tengah membenahi fasilitas rusak yang ada di Pasar Baru. Setelah pemindahan pengelola dari PT APP pada Desember 2018, PD Pasar melakukan beberapa hal mendasar, salah satunya pembersihan secara umum. 

"Ada beberapa titik lokasi yang perlu dilakukan seperti pengecatan ulang, memikirkan keselamatan kondisi gedung versi PD Pasar, memastikan keamanan gedung, asuransi gedung," ujar Kabag Umum dan SDM PD Pasar Hendra, Selasa (26/3/2019). 

Pembenahan yang sudah dilakukan sejak tiga bulan terakhir ini dijalankan oleh kedua belah pihak, baik pengelola lama atau pengelola baru, seperti membenahi area yang dianggap seperti pedagang asongan, berkoordinasi dengan aparatur setempat, dan kewilayahan. 

AYO BACA : Ambil Alih, PD Pasar Bermartabat Rancang Inovasi untuk Pasar Baru

Masalah yang ditemukan dalam proses pembenahan ini, katanya, seperti kondisi gedung, peralihan tata kelola parkir, sekuriti, juga sarana gedung. PD Pasar juga akan mengelola dan memperbaiki arus masuk lantaran hal itu dikatakan krusial. 

"Sarana keselamatan gedung, sertifikat layak fungsi atau SLF. Apa saja yang harus jadi syaratnya terbitnya SLF," katanya. 

Perbaikan ditanggung oleh PD Pasar, meskipun pembenahan dilakukan oleh dua pihak.

AYO BACA : Mengupas Sejarah Pasar Baru Bandung

Sementara itu, kewajiban perbaikan yang dilakukan oleh pengelola lama sebesar 20-30%. 

"Durasi mereka memperbaiki 6 bulan," ujarnya. 

Sementara itu, PD Pasar sudah memperbaiki beberapa hal seperti CCTV, pengarahan ulang keamanan, rambu parkir, traffic parker, dan fasilitas keamanan.

Mereka pun sedang mengkaji ulang untuk mendata hal-hal yang seharusnya didapatkan seperti pemeliharaan sebelumnya dari PT APP, kerusakan, pendataan kios serta kebijakan untuk pedagang yang tidak memiliki lapak.

AYO BACA : Seorang Pria Ditemukan Meninggal di Pasar Baru Diduga Karena Sakit

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar