Yamaha Aerox

Praktik Kerja Lapangan, Solusi Memperkenalkan Mahasiswa di Dunia Nyata

  Sabtu, 23 Maret 2019   Redaksi AyoBandung.Com   Netizen
Ilustrasi PKL.(Dyah Makutaning Dewi)

Kehidupan menjadi seeorang mahasiswa, pastilah berbeda dengan kehidupan ketika menjadi seorang pelajar. Mahasiswa adalah masa di mana kehidupan dunia kerja semakin dekat dan pastinya butuh berbagai persiapan. 

Begitu juga ketika masih duduk di bangku pelajar, untuk menjadi mahasiswa pun butuh usaha dan doa agar diterima di kampus favorit.

Dalam mempersiapkan mahasiswa di dalam dunia nyata, tepatnya ketika berada di dunia kerja dan masyarakat, biasanya setiap tahun untuk beberapa kampus mengadakan kegiatan seperti Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan magang kerja di berbagai tempat. 
Hal ini dikarenakan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mampu  memperkenalkan mahasiswa di dunia kerja dan masyarakat, serta mempersiapkan mental mereka sejak awal.

Salah satu kampus yang menerapkan PKL untuk setiap tahunnya adalah Politeknik Statistika STIS. Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pada Februari lalu, mahasiswa-mahasiswi tingkat 3 di kampus tersebut melaksanakan PKL di Bali. 

Dalam mengetahui perkembangan kebutuhan pangan di Indonesia pastinya tidak terlepas dari berbagai macam data. Salah satu data yang penting yaitu data produksi padi. Karena padi merupakan salah satu komoditas yang penting maka Pemerintah mengeluarkan PP No 68 Tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan. 

Selain itu, menjaga ketahanan pangan dapat dilakukan dengan menyediakan data akurat sehingga dapat dijadikan sebagai perencanaan dalam membuat suatu kebijakan.
Dalam memperoleh data yang akurat, BPS melakukan survei Kerangka Sampel Area (KSA) dalam menghitung luas panen padi dengan bantuan citra satelit. 

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja metode KSA sehingga pelaksanaan PKL tahun ini mengimplementasikan KSA. Selain itu juga menerapkan praktik ubinan dan survei rumah tangga usaha pertanian tanaman padi. 

Survei lapangan merupakan salah satu bagian terpenting dalam menggunakan metode KSA. Hal ini disebabkan mahasiswa akan melakukan perekaman data di setiap segmen dengan mengambil foto pertumbuhan padi di titik-titik pengamatan. 

Oleh karena itu, meraka  harus mencari titik-titik sampel tersebut sehingga tak jarang harus melewati lokasi-lokasi seperti sungai, lahan berlumpur, jalanan, dan lain-lain.
 
Selain itu, beberapa dari mereka juga harus melakukan praktik ubinan. Praktik ubinan digunakan untuk mengukur produktivitas padi. 

Hal ini disebabkan pertanian padi di Bali merupakan daerah yang memiliki rata-rata produktivitas tertinggi di Indonesia. 

Kemudian kegiatan pencacahan ke rumah tangga juga dilakukan karena untuk melakukan survei rumah tangga usaha pertanian tanaman padi.

Dalam melaksanakan PKL tersebut dapat diambil banyak pembelajaran yang diperoleh mahasiswa-mahasiswi. Pertama, melatih kebersamaan. PKL tahun ini membagi satu angkatan menjadi beberapa tim. 

Tim-tim tersebut memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan KSA, praktik ubinan, dan survei rumah tangga usaha pertanian tanaman padi. 

Oleh karena itu, diperlukan kerja sama yang kuat antar anggota untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut dalam waktu yang singkat.

Kedua, melatih keberanian. PKL tahun ini melatih mahasiswa untuk memiliki sikap berani. Hal ini ditunjukkan ketika KSA, beberapa di antara mereka harus menelusuri sawah, sungai, lahan berlumpur, dan lain-lain. Selain itu, juga dapat dipertemukan dengan ular maupun binatang yang lainnya.

Ketiga, melatih akrab dengan masyarakat. Melalui kegiatan pencacahan ke rumah tangga, mahasiswa dapat saling berkomunikasi dengan masyarakat Bali. Meskipun tidak berasal dari daerah yang sama, masyarakat Bali menyambut mahasiswa tersebut dengan baik. 

Terkadang beberapa di antara mereka menawarkan untuk makan bersama atau mungkin hanya sekedar minum teh bersama. Dari situlah mahasiswa dapat melatih diri untuk berinteraksi dengan masyarakat secara baik. 
Sebenarnya tidak hanya tiga pembelajaran yang didapatkan dalam PKL. 

Masih banyak lagi keuntungan yang diperoleh dari kegiatan semacam ini. Oleh karena itu, nikmatilah masa-masa menjadi mahasiswa dengan baik. Karena di masa-masa seperti itu, kita dapat belajar banyak hal.

Dyah Makutaning Dewi
Mahasiswi Politeknik Statistika STIS Jakarta

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar