Yamaha Lexi

Intip Suka Duka Travel Blogger Kartuposinsta Kenny Santana

  Kamis, 21 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Travel blogger, Kenny Santana. (Fathia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM--Setiap profesi memiliki suka dan dukanya masing-masing. Baik mereka yang menjadi pekerja lepas, kantoran, atau pengusaha. Namun, terkadang kita selalu melihat rumput tetangga lebih hijau. Para pekerja kantoran melihat seorang pekerja lepas lebih indah hidupnya karena media sosial sebagai ladang mencari uang. Misalnya seorang travel blogger yang menyebarkan keindahan belahan dunia yang membuat orang ingin seperti mereka.

Padahal, banyak duka yang kerap menghampiri. Seperti travel blogger kenamaan, Kenny Santana yang punya pengalaman sulit saat menjalani pekerjaannya hari ini.

"Ada banyak hal yang terjadi misalnya pesawat delay, misalnya bagasi transit ketinggalan, atau kita sakit atau apa gitu. Kayaknya memang hal seperti itu sih yang paling sulit," katanya, kepada Ayobandung.com, Kamis (21/3/2019). 

AYO BACA : Halal Local, Aplikasi Traveling Muslim Buatan Anak Bangsa

Banyak hal yang tidak terduga dan di luar harapan. Namun, Kenny bisa tenang karena sudah tahu cara mengatasinya.

"Atau misalnya enggak ada waktu buat cari oleh-oleh juga sebelum pulang," ujarnya.

Dia mengapresiasi hadirnya kuliner lokal yang berlokasi di bandara tentu memudahkan dirinya untuk membawa oleh-oleh khas kota tersebut. Salah satunya adalah GO-FOOD Festival yang ada di Bandara Husein Sastranegara. Sehingga dia bisa membeli oleh-oleh di Bandara.

AYO BACA : Menpar Perkirakan Nasib Travel Agen Mirip Wartel

"Aku berharap bisa ada di stasiun dan lokasi transportasi lain supaya enggak perlu nyari tempat lain, jadi di satu tempat," ujar Kenny.

Apalagi Kota Bandung yang sudah pasti memiliki kuliner dengan ragam jenis. Ia mengaku sulit untuk menentukan makanan khas kota kembang lantaran banyak makanan yang diidolakan. Tetapi, dia punya tiga makanan teratas dari beberapa kota yang dikunjungi yang tak pernah dilewatkannya.

Kenny menyukai tahu walik Yogyakarta saat bertandang ke sana. Kedua, ia memilih Martabak Andir di Kota Bandung yang tak bisa ia lewatkan. Makanan di peringkat ketiga jatuh pada carrot cake yang selalu dipesan saat pergi ke Pulau Bali.

"Tiga itu sih, sebenarnya banyak, sulit menentukannya," kata pemilik instagram @kartuposinsta itu.

Selain itu, Kenny juga menyampaikan saran tentang profesinya menjadi seorang travel blogger.  Menurutnya, bagi mereka yang ingin menjadi seorang pejalan, jangan langsung memutuskan keluar dari pekerjaan kemarin sebelum memiliki rencana dan investasi yang matang. Misalnya dengan investasi, menabung, dan jaminan lainnya supaya bisa tetap aman saat keluar dari pekerjaan sebelumnya.

"Kita juga harus melihat kekhasan diri kita sendiri apa yang berbeda dari travel blogger lain. Jadi kita tahu apa yang kita buat untuk orang lain," paparnya.

AYO BACA : Asita Minta Pemerintah Tertibkan Travel Online Ilegal

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar