Yamaha NMax

Kementan dan Pemkab KBB Berikan Bantuan 1000 Unit Traktor untuk Petani

  Kamis, 21 Maret 2019   Faqih Rohman Syafei
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, saat menerima hasil pertanian dari petani di wilayah Kabupaten Bandung Barat. (Faqih Rohman/ayobandung)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM--Ribuan alat pertanian beserta ratusan ribu benih dan bibit disalurkan Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) kepada petani di KBB, Kamis (21/3/2019). Bantuan ini diharapkan mampu memicu produktifitas sektor pertanian KBB semakin tinggi.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan sebanyak 200 ribu bibit tanaman kopi dan ayam kampung diberikan kepada masyarakat petani di KBB, tujuannya agar produktifitas masyarakat bisa semakin tinggi lagi kedepannya. 

Disebutkannya, selama 4 - 5 tahun terakhir Jabar mendapatkan bantuan pertanian sebesar Rp30 triliun, dari dana desa dan pertanian, khusus untuk KBB mendapatkan bantuan anggaran sebesar Rp1,3 triliun. Melihat geliat sektor pertanian yang menunjukan trend positif, kedepannya bantuan tersebut akan ditambah. 

"Karena empat tahun terakhir ada peningkatan pendapatan domestik bruto (PDB) sebesar Rp460 triliun. Insya Allah kedepannya akan tambah lagi bantuan untuk anggaran Jabar, ini bentuk kecintaan presiden untuk petani dan rakyat Indonesia," ujarnya kepada awak media di Pemkab KBB, Kamis (21/3/2019).

Amran pun mengingatkan kepada petani agar selalu kompak dan bahu membahu untuk meningkatkan produktifitas komoditi pertanian. "Petani harus bersatu tingkatkan produksi, salah satunya dengan bikin Gapoktan agar skalanya lebih besar," terangnya. 

Sementara itu, Bupati KBB, Aa Umbara menyebutkan bantuan ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam memajukan dan meningkatkan sektor pertanian. Sehingga masyarakat petani bisa lebih sejahtera. 

Untuk mendukung program itu, Pemkab KBB memberikan bantuan sebanyak 1.000 unit traktor, pompa air dan alat pertanian lainnya. Harapannya produk pertanian KBB bisa menjadi komoditi unggulan dan diekpor hingga mancanegara. 

"Mudah-mudahan petani KBB tambah maju. Bahkan produknya menjadi komoditi unggulan sampai ada yang dapat penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri diantaranya kopi," pungkasnya
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar