Yamaha Aerox

Riset Pilpres 2019: Bagi Gen Milenial, Nasionalis Nggak Penting, Lalu Apa yang Utama?

  Rabu, 20 Maret 2019   Andres Fatubun
Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto dalam debat Pilpres pertama. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Nasionalis menjadi isu penting dalam pemilihan presiden 2019. Lewat caranya masing-masing, kubu 01 Jokowi-Ma'ruf dengan kubu 02 Prabowo-Sandi, mangklaim memperjuangkan nasionalisme bangsa.

Kubu 01 menggambarkan pasangan yang mereka usung sebagai representasi Nasionalis-Religius. Sedangkan kubu 02, menggaungkan semangat nasionalis lewat semboyan "Make Indonesia Great Again".

Namun di mata generasi milenial Indonesia, yaitu generasi yang sekarang berusia antara 20-35 tahun, nasionalis bukan faktor utama yang menjadi pilihan mereka.

Hasil riset yang dilakukan IDN Research Institute, menyatakan faktor nasionalis ada di urutan 15 atau paling buncit bagi gen milenial dalam memilih pilihannya.

Lalu faktor apa yang menjadi pilihan utama. Berikut daftarnya. (dalam bahasa Inggris) 
1. Honest
2. Close to people
3. Free from corruption
4. Able to make changes
5. Goos skills and capacity
6. Prestigious
7. Have leadership skill
8. Able to solve problems
9. Intellectual/clever/smart
10. Hard working
11. Firm
12. Religious
13. Integrity
14. Young figure
15. Nationalist

Riset ini dilakukan pada 20 Agustus hingga 6 September 2018 dengan melibatkan 1400 responden yang tersebar di 12 kota besra yaitu Medan, Palembang, DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Pontianak, Makassar, Manado, Denpasar, dan Mataram. 

Penelitian menggunakan metode kuantitaif melalui wawancara dan multistage random sampling. Selain itu juga dilakukan juga focus group discussion dan wawancara mendalam. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar