Yamaha

PWI Jabar Bahas Peran Pers dalam Majukan Ekonomi Kerakyatan

  Selasa, 19 Maret 2019   Nur Khansa Ranawati
Plt Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengatakan pers dapat mendorong pelaku UMKM beradaptasi dengan zaman, saat sambutan dalam seminar ‘Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital’ di Bandung Creative Hub, Selasa (19/3/2019). (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM—Ekonomi kerakyatan memiliki tantangan dan peluangnya tersendiri di era industri 4.0. Meski kesempatan memasarkan produk semakin besar, hal tersebut akan terasa sulit bagi usaha yang tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Di sisi lain, pers sebagai media komunikasi massa adalah salah satu instrumen yang berperan penting memajukan sebuah usaha. Karenanya, para pelaku ekonomi kerakyatan dan insan pers tidak dapat dipisahkan.

Atas dasar tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar menggelar seminar bertajuk "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital" di Bandung Creative Hub, Selasa (19/3/2019).

AYO BACA : Peringati Hari Pers, PWI Jabar Tekankan Pentingnya Pemberitaan Ramah Anak

Dalam acara yang sekaligus penutup gelaran Peringatan Hari Pers Nasional tersebut, Plt Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengatakan, pers dapat mendorong pelaku UMKM beradaptasi dengan zaman.

"Sekarang pun media dituntut untuk terus mengikuti perkembangan zaman sehingga muncul istilah mediamorfosis. Untuk itu, pers bisa mendorong UKM ikut perkembangan zaman, dan itu sudah dijalankan," jelasnya.

Hilman mengatakan, salah satu dampak yang telah terlihat yaitu penggunaan strategi pemasaran berbasis digital oleh pelaku UKM.

AYO BACA : Silaturahmi ke Kantor PWI Jabar, Ridwan Kamil Titip Berantas Hoaks

"Ibu rumah tangga sekarang justru bisa jadi motor utama marketing berbasis digital. Dari situ usaha yang lain juga dapat berkembang," jelasnya.

Hal serupa disampaikan Kabiro Humas Setda Jabar Hermansyah. Dalam sambutannya Hermansyah mengatakan, pers dapat membantu pelaku ekonomi kerakyatan. 

"Pers dapat membantu perkembangan ekonomi kerakyatan sebagai media promosi yang tepat dan efisien, maka usaha dapat mengalami peningkatan," ungkapnya.

Seminar ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Direktur Pemberitaan Ayo Media Network Rahim Asyik, Direktur Torch Ben Wirawan, dan Head of West Java Regional JNE Murah Lestari.

AYO BACA : UMKM Pelosok Harus Mulai Kenal Daring

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar