Yamaha

23 Tahun Lalu, Yoghurt Asal Prancis Dibikin di Tasikmalaya

  Senin, 18 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Yoghurt ala Prancis bernama Yaourt. (Fathia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Seorang warga keturunan Prancis membuat France Yoghurt yang telah dibuat sejak 23 tahun lalu. Berbekal pengetahuan makanan prancis, Yodi Tresna memulai produksi penjualan pertamanya pada tahun 2000 di Tasikmalaya.

Yodi mengklaim bahwa France Yoghurt buatannya merupakan satu-satunya di Indonesia.Apalagi orang pertama yang membuat Whey protein untuk minuman adalah ia sendiri. Pasalnya, kebanyakan yoghurt di negeri ini memiliki khas masing-masing atau paling tidak memproduksi Greek Yoghurt.

Setelah mendapatkan lisensi dari Departemen Kesehatan, Yoghurt ala Prancis ini diberi nama Yaourt. Penganan yang dibuat home-made tetap berjaya sampai saat ini di Kota Bandung.

"Kita buat homemade industri. Produksi diatur masih pakai alat tradisional," katanya, Senin (18/3/2019).

AYO BACA : Yoghurt Mampu Tingkatkan Kesehatan Tulang pada Lansia

Yoghurt ala Prancis ini sangat berbeda dari yoghurt biasa  yang warga Indonesia santap. Ia menilai yoghurt Indonesia cenderung  cair, tidak mengandung bakteri hidup, dan menggunakan gula.

Sedangkan yoghurt ala Prancis cenderung seperti puding, memakai bakteri hidup, rendah gula, dibuat dari bahan organik, dan lebih baik untuk kesehatan.

"Saya enggak tahu teknik mereka (pembuat yoghurt Indonesia), bakteri yang dipakai, gula juga berpengaruh terhadap rasa," paparnya.

Yoghurt ala Prancis ini memiliki tekstur kental di tempat. Seperti puding tetapi tidak ada jeli di dalamnya. Sedangkan Greek Yoghurt cenderung lebih creamy.

AYO BACA : Yuk Coba Yoghurt Dari Prancis

Selain membuat French Yoghurt, Yaourt juga memproduksi Greek Yoghurt, Curd Cheese, Drink Yoghurt, Lassi, dan Lacto Natural Whey Protein. Berbagai yoghurtnya juga mempunyai aneka rasa seperti mangga, blue berry, dan strawberry.

Untuk ketahanan, yoghurt ala Prancis bisa tahan 3 minggu sedangkan Greek yoghurt hanya 12 hari.

"Sejak masuk produksi yang sudah 23 tahun sampai sekarang kami enggak pernah berhenti. Dari dulu orang suka," ujarnya.

Buktinya, Yaourt bisa menjual 20 ribu buah Yoghurt setiap bulannya. Produknya pun telah dijual di beberapa supermarket dan destinasi wisata di Bandung. 

"Kami produksi di Ciumbuleuit," kata Yodi.

Yaourt dapat dibeli di beberapa gerai dan secara daring. Dia membanderol satu cup french yoghurt 150ml seharga Rp8.000 sedangkan Greek Yoghurt Rp12.000.

AYO BACA : Ini Waktunya Kamu Perlu Minum Yogurt

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar