Yamaha NMax

15 Restoran Bandung Meriahkan Festival Internasional Cita Rasa Prancis 2019

  Senin, 18 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Salah satu Chef dari 15 restoran asal Bandung sedang mempresentasikan menu yang disajikan dalam perayaan Good France 2019 di Mercure Bandung City Centre, Senin (18/3/2019). (Fathia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 15 restoran asal Bandung menyajikan berbagai menu makanan khas Perancis dalam perhelatan Festival Internasional Gastronomi Perancis Good France. Restoran tersebut di antaranya The Peak Connoisseurs, Intercontinental Bandung, Bellevue, Hummingbird Eatery, Mom's Bakery, dan lain-lain.

Kegiatan yang telah diluncurkan sejak 2015 ini digelar oleh Institut Prancis Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis bekerja sama dengan Badan Pariwisata Atout France.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet mengatakan festival internasional gastronomi Francis Good France serentak digelar pada 21 Maret 2019 di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Manado.

AYO BACA : Hmm Begini Rasanya Bekicot Dari Perancis

“Perayaan Good France pada 21 Maret  merupakan momentum untuk mengapresiasi gastronomi Prancis yang tercatat sebagai warisan budaya dunia UNESCO," katanya, Senin (18/3/2019).

Good France juga mengemban nilai-nilai yang mengandung semangat berbagi dan kebersamaan serta kepedulian pada lingkungan hidup.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk membangkitkan vitalitas gastronomi Prancis yang menjadi penghubung nyata antara para chef di seluruh dunia. Pada 2018 lalu, 40 restoran tela berpartisipasi dalam acara ini di Indonesia. Mereka menawarkan menu khusus Good France yang dibuat dengan bahan-bahan segar berkualitas, yang sesuai musim dan menggunakan produk lokal. 

AYO BACA : Menikmati Frozen Dessert Cupmanis

"Di skala dunia, 3.500 restoran berpartisipasi pada 2018, berikut 156 Kedutaan Besar Prancis dan Konsulan di 152 negara," jelasnya.

Bahkan, pada 2019 Kota Provence di Prancis akan menjadi tujuan wisata gastronomi dunia. Itulah mengapa masakan Provence menjadi tema Gout de France tahun ini.

"Untuk pertama kalinya, Departemen Bouches-du-Rhéne dan Dinas Pariwisata Provence meluncurkan Marseille Provence Gastronomic (MPG) 2019, tahun perayaan gastronomi di Provence yang diselenggarakan di bawah naungan Chef Gérald Passédat. Inilah tahun perayaan dan petualangan gastronomi di Provence, pertemuan para chef, pasar-pasar makanan, piknik, dan kebun-kebun kota," paparnya.

Oleh sebab itu, Good France lebih banyak menyebarkan aneka menu khas Prancis yang disediakan di beberapa restoran di Bandung. Terlebih Bandung merupakan surga kuliner di mana setiap menu dari berbagai daerah tersaji di kota ini.

AYO BACA : Perpaduan Kuliner Timur Tengah dan Nusantara di Rumah Makan Marase

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar