Yamaha Lexi

GenFest ITB 2019, Festival Jepang Rasa Abad Pertengahan Eropa

  Senin, 18 Maret 2019   Anya Dellanita
Pengunjung memadatai acara GenFest ITB 2019. (Anya Dellanita/ayobandung)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Memasuki ruangan tempat diselenggarakannya GenFest ITB 2019, pengunjung serasa dibawa ke abad pertengahan Eropa. Jika tidak ada beberapa cosplayer berkostum ala tokoh animasi Jepang yang berlalu lalang, mungkin kita tidak akan menyangka kalau acara ini adalah festival "Jejepangan".

Ya, Genfest ITB kali ini memang mengusung tema abad pertengahan sebagai temanya. Menurut ketua panitia, Timothy, sebenarnya tidak ada alasan khusus dibalik tema tersebut.

"Sebenarnya alasan khususnya sih gak ada. Cuma kemarin teman panitia yang lain ada yang ngusulin. Nah, karena kali ini kita bikin event-nya indoor, jadi cocok. Kita juga ngeliat sekarang banyak karakter anime atau game yang setting-nya kaya gini kan, jadi cocok kalau mau cosplay kaya gitu," ujarnya saat ditemui di acara GenFest ITB, Minggu (17/3/2019).

GenFest ITB adalah acara tahunan yang digagas salah satu UKM pecinta Jepang ITB, Genshiken. GenFest 2019 kali ini adalah GenFest ke-4.

Jika sebelumnya GenFest dikenal sebagai event luar ruangan atau outdoor, kali ini berbeda. GenFest 2019 dilaksanakan di dalam ruangan alias indoor.

Menurut Timothy, alasan pemindahan konsep tersebut adalah karena setiap GenFest dilaksanakan, pasti turun hujan.

"Iya, kami belajar dari kesalahan GenFest tahun lalu, kan memang musim hujan. Jadi biar aman dipindahin ke dalam. Makanya kami juga cari tema yang cocok buat event indoor," kata dia.

Timothy juga mengatakan panitia menargetkan 500 orang pengunjung. Dan hal itu memang tercapai.

"Puji Tuhan, tadi saya lihat sudah lebih dari 500 di buku tamu. Jadi saya senang tentunya," katanya.

Untuk isi event sendiri, tidak jauh berbeda dengan GenFest sebelumnya. Tetap ada beberapa booth komunitas, makanan, comic market, serta bintang tamu dari beberapa band. Selain itu, layaknya festival Jepang lain, ada lomba costreet, di mana cosplayer akan berjalan di panggung sambil bergaya sesuai karakter yang diperankan.  Yang berbeda dari GenFest kali ini adalah game Bounty Hunter yang disesuaikan dengan tema even. Peserta dapat mengumpulkan koin-koin di area even yang bisa ditukar dengan hadiah menarik.

Pantauan ayobandung, dalam ruangan tempat dilaksanakannya even memang dipenuhi pengunjung, terutama di area comic market dan booth penjual makanan. Area panggung ramai saat penampilan bintang tamu dan lomba costreet.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar