Yamaha NMax

Apa Rasanya Makan Bakso dalam Nuansa Coffee Shop?

  Minggu, 17 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Suasana di Kedai Bakso Balap Jalan Laswi, Batununggal. ( Fathia Uqimul Haq /ayobandung.com)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Kenikmatan memakan bakso bisa dirasakan ketika kuahnya gurih, pedas, baksonya cukup besar, dan posisi duduk atau tempat makannya enak. Namun seringkali banyak pedagang bakso yang biasa berjualan di gerobak sehingga terpaksa duduk di pinggir jalan. 

Kadang, ingin sekali makan bakso di tempat yang nyaman dan enak supaya makan lebih nikmat tak ada gangguan dari luar. 

Tempat makan bakso seperti ini bisa ditemukan lho di Bandung. Namanya Bakso Balap yang berada di Kawasan Jalan Laswi, Batununggal. 

Pada awalnya, Bakso Balap beroperasi menggunakan foodtruck. Konsep makan di foodtruck biasanya hadir di berbagai acara dan kegiatan namun hal itu tidak selalu ada setiap hari. Akhirnya Bakso Balap suka mangkal di Stadion Siliwangi Kota Bandung.

Bakso yang sudah hadir sejak 2015 ini sudah melanglangbuana ke berbagai kota di Pulau Jawa. Setelah berpikir secara matang, akhirnya Aditya Aditya Pratama Putra (35)  membuka tempat makan bakso yang dekat dengan pusat perkantoran, keramaian, perbelanjaan, sekolah dan perguruan tinggi. 

"Kedai kami ini bisa dibilang ruang makan bakso," katanya, Sabtu (16/3/2019). 

Kedai Bakso Balap didesain sederhana, minimalis, dan bisa dikatakan seperti di coffee shop. Pasalnya ruang makan tersebut tidak hanya menjual bakso. Ada aneka kopi yang bisa dipesan layaknya kedai kopi. 

Biasanya kedai kopi menyediakan makanan ala Barat atau cemilan kue dan roti,  tapi berbeda dengan Bakso Balap. 

Meskipun sering dikira coffee Shop oleh pelanggan, mereka tetap menjadikan bakso sebagai menu utama. 

AYO BACA : Basmi Lapar dengan Bakso Balap

"Karena memang kami juga berbisnis coffee shop, orang mengira ini coffee shop padahal kami juga jual bakso," jelasnya. 

Adit ingin para pelanggan bisa menikmati bakso balap dengan nyaman, ngobrol dengan sahabatnya, dan sambil mengerjakan aktivitas. Karena berkonsep kedai kopi yang dijadikan tempat berlama-lama, ia harap bakso tetap menjadi penganan utama yang bisa menu favorit mereka. 

Nuansa kafe ini dapat terlihat dari luar yang memulai dinding kehitaman di bagian depan toko. Ditambah neon box hitam betuliskan Bakso Balap untuk menekankan tempat makan bakso mereka. 

Selain itu, terdapat open bar yang digunakan untuk kasir dan dapur terbuka. Sengaja, konsumen bisa melihat langsung cara pembuatan bakso di open bar tersebut.

Berbagai meja dan bangku beragam ukuran berasal dari kayu jati solid. Ia dibuat sederhana sehingga konsepnya menyatu dengan kedai kopi. 

Tak perlu khawatir, Bakso Balap bisa dijadikan tempat nongkrong atau mengerjakan tugas sekolah sembari makan bakso dan minum kopi dengan nikmat. 

"Menu kami ada tulang sumsum, bakso urat, bakso super dari daging cincang tumis bawang putih, bakso ranjau dari daging dengan bumbu rica, dan bakso telor asin," kata Adit. 

Bakso Balap juga menyuguhkan pentol pedas dan manis, dimsum, kopi  mulai dari manual brew, vietnam drip, es kopi susu, es kopi blend, dan kopi tubruk.

Kisaran menu harga Bakso Balap balap mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000. Jam beroperasinya,  mulai dari Senin sampai Sabtu mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Laswi No 1E Kacapiring, Batununggal. 
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar