Yamaha Aerox

Kuliner Bandung: Basmi Lapar dengan Bakso Balap

  Minggu, 17 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Tulang sumsum dan Bakso, Menu andalan dari Bakso Balap. ( Fathia Uqimul Haq /ayobandung.com)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Bakso adalah kuliner yang dicintai semua orang. Terutama masyarakat Indonesia yang suka dengan rasa gurih dan daging yang kenyal. Bakso juga sudah jadi ikon kuliner Indonesia sehingga pedagangnya tersebar di mana-mana. 

Kudapan ini juga sering menjadi menu andalan saat lapar, ngidam ala ibu hamil, atau datang meski tak dicari. Jadi, bakso bukan lagi hal biasa di lidah orang Indonesia. Namun, beberapa pedagang membuat kudapan bakso jadi lebih menarik supaya mendapat perhatian semua orang. 

Salah satunya adalah Bakso Balap yang terletak  di Jalan Laswi No 1E Kacapiring Batununggal, Kota Bandung. Uniknya, penamaan bakso ini berasal dari  singkatan asal dua kata yakni Ba dan Lap yaitu Basmi Lapar. 

Perbedaan yang mencolok dari Bakso Balap ini adalah menu yang laris dan melegenda. 

Pemilik Bakso Balap, Aditya Pratama Putra (35) mengatakan menu andalan itu bernama tulang sumsum. Penikmat bakso bisa mencicipi ragam menu bakso juga bisa memilih sumsum yang gurihnya luar biasa.

Untuk menghasilkan rasa yang lezat, sumsum direbus minimal 45 menit supaya sumsum bisa meleleh dan mudah diseruput pelanggan. Rasa gurih yang terkandung dalam sumsum berasal dari kuah yang dimasukkan ke dalam batang tulang sumsum.

AYO BACA : Apa Rasanya Makan Bakso dalam Nuansa Coffee Shop?

"Kuah di sini juga berbeda dengan kuah bakso biasanya soalnya tekstur lebih kental, menguning karena  berasal dari kaldu sapinya sendiri," ujarnya, Sabtu (16/3/2019). 

Tulang sumsum khas Bakso Balap juga menyuguhkan daging yang masih menempel di bagian luar sehingga bisa dinikmati lebih puas oleh penikmat kuliner. 

Menu Sumsum ini terpisah dari menu bakso. Layaknya menu mi yamin yang memisahkan mi dan baksonya. Sehingga tulang sumsum dan bakso disajikan khusus dengan kuah yang berbeda.

"Sumsum disajikan utuh bersama tulangnya di atas kuah berukuran pas dengan ukuran tulang sumsum," ucapnya. 

Bakso Balap menjamin daging untuk membuat bakso berasal dari produsen terpercaya. Bahan-bahan baku yang dipakai pun berasal dari lokal. Apalagi Bakso Balap 
tak menggunakan msg untuk  Bakso nya sendiri karena mereka ingin rasa gurih  datang dari kaldu sapi dan tulang sumsum. 

"Satu porsi tulang Sumsum super gurih ini di hanya dibanderol Rp 35.000 saja," katanya. 

Bakso Balap beroperasi mulai dari hari Senin sampai Sabtu pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar