Yamaha Aerox

Tukar Sampah Anorganik Dapat Voucer Belanja Sembako

  Sabtu, 16 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Warga Kecamatan Cinambo menukar sampah dengan voucher uang untuk dibelikan ke beberapa makanan yang tersedia di Bazaar Sampah Cinambo, Sabtu (16/3/2019). ( Fathia Uqimul Haq /ayobandung.com)

CINAMBOAYOBANDUNG.COM--Puluhan warga meramaikan Bazaar Sampah Cinambo sembari membawa sampah anorganik dalam karung untuk ditukarkan dengan voucer belanja sembako, di Taman RW 02 Kelurahan Babakan Penghulu, Sabtu (16/3/2019). 

Kegiatan yang mengimplementasikan program Kangpisman ini disambut baik oleh para warga untuk berlomba-lomba dalam mengumpulkan sampah. 

Lurah Babakan Penghulu, Atang Rahman mengatakan acara yang diinisiasi oleh penggerak PKK Kecamatan Cinambo ini dalam rangka menyambut kawasan bebas sampah sekaligus mendukung program Pemkot Bandung untuk mengurangi, memisahkan, dan memanfaatkan sampah. 

"Mereka membawa sampah plastiknya lalu ditimbang dam diberi harga sesuai berat  yang dibawanya. Kemudian mendapatkan uang berupa voucer belanja Kangpisman," ucapnya. 

Voucer tersebut dibuat seperti uang  kertas. Lembarannya memiliki nominal mulai dari Rp 100 hingga Rp 5000. 

Barang-barang yang disediakan mulai dari mi instan, minyak goreng, jajanan anak-anak, susu, dan lain-lain.  

Nilai barang yang bisa ditukar dengan voucer uang ini dibuat masih murah, paling mahal seharga Rp 11.000 untuk minyak goreng. Karena bazaar sampah ini masih tahap sosialisasi sehingga masyarakat masih menukar sampah dalam nominal rendah. 

"Kita mengajarkan bahwa  sampah  jadi berharga. Sosialisasi ini sudah sejak awal tahun,  baru sekarang launchingnya," katanya.  

Atang berharap lewat bazaar sampah ini masyarakat bisa sadar untuk mengurangi sampah, memilah sampah, dan bisa memberi nilai pada sampah mereka sendiri untuk ditukar menjadi makanan. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar