Yamaha Aerox

PBNU Kutuk Aksi Penembakan di Masjid Selandia Baru

  Jumat, 15 Maret 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Ketua Umum Pimpinan Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj. (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM--Ketua Umum Pimpinan Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, mengutuk keras aksi penembakan di Masjid Al-Noor, Cristshurch, Selandia Baru, yang menyebabkan puluhan orang menjadi korban meninggal dunia.

Menurut Said Aqil, kejadian tersebut membuka luka baru bagi kalangan muslim. Lebih jauh hal tersebut merupakan tragedi kemanusiaan dan harus menjadi perhatian internasional.

“Ini bukan hanya masalah agama, tapi ini sudah menyinggung masalah kemanusiaan,” ungkapnya usai menghadiri acara pelantikan pengurus PCNU Kota Bekasi, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jumat (15/3/2019).

Dia menyampaikan, pihaknya akan segera menyebarkan press rilis bahwa peristiwa tersebut sangatlah biadah. PBNU, diakuinya sangat menentang tindakan terorisme, apalagi hal tersebut hanya memecah belah persatuan.

AYO BACA : Usai Penembakan Masjid, Otoritas Tutup Kota Christchurch

“Saya mau minta ke pengurus PBNU untuk menyebarkan press rilis, bahwa itu tindakan adalah perbuatan yang sangat biadab, dan harus di kutuk, bukan hanya  oleh masyarakat NU, Indonesia, tapi harus di kutuk oleh seluruh masyarakat internasional,” tegasnya.  

Disamping itu, untuk  mendoakan para korban meninggal yang berjatuhan pihaknya akan menggelar salat gaib. “Kita akan mengadakan solat gaib untuk mendoakan para korban,” tandas Said Aqil.

Tragedi Kemanusian Terkelam di Selandia Baru

Aksi itu sendiri tidak segan pelaku lakukan, bahkan langsung ditayangkan melalui Facebook. Di media sosial tersebar video rekaman penembakan yang diduga diambil dari kamera yang dipasang di senjata pelaku.

AYO BACA : Presiden Kecam Keras Aksi Penembakan di Masjid Selandia Baru

Dalam video itu, pelaku mengaku dia adalah warga negara Australia yang berusia 28 tahun. Dia juga menyebutkan kalau penembakkan itu sudah direncanakannya selama kurang lebih 2 tahun.

Dilansir dari express.co.uk, Jumat (15/3/2019), diduga motivasi pelaku adalah balas dendam pada semua warga luar Eropa. Dia juga mengatakan jika dia terinspirasi dari Anders Breivik.

“Motivasi saya adalah membalas dendam pada semua orang asing yang menggangu tanah Eropa. Inspirasi saya adalah Anders Breivik,” ujarnya.

Video yang telah dibagikan ribuan kali ke berbagai media soaial tersebut memperlihatkan si penembak masuk ke dalam masjid dan menembaki jamaah yang sedang melaksanakan shalat Jumat. Dilaporkan 40 orang tewas dan 20 lainnya terluka dalam insiden ini.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan kalau hari ini adalah hari terkelam bagi Selandia Baru. Selain itu, adanya isu mengenai bom di dalam sebuah mobil dekat lokasi penembakan, membuat kota tersebut diisolasi.

Kepolisian Selandia Baru telah mengumumkan ada 4 pelaku yang ditahan akibat kejadian itu.

AYO BACA : Penembakan Masjid Selandia Baru, Sejumlah Orang Tewas, 4 Pelaku Ditahan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar