Yamaha Lexi

Kemenkominfo: Jangan Sebar Video Penembakan di Masjid

  Jumat, 15 Maret 2019   Nur Khansa Ranawati
Kemenkominfo. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan video kasus penembakan massal di Masjid Al Noor di Christcruch Selandia Baru. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah teror dan rasa takut semakin menyebar di kalangan warga. 

Kementrian Komunikasi dan Informatika menghimbau agar masyarakat tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten baik dalam bentuk foto, gambar, atau video yang berkaitan dengan aksi kekerasan berupa penembakan brutal yang terjadi di Selandia Baru, ungkap Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam keterangan resminya.

AYO BACA : Biadab! Pelaku Tembak Jamaah Shalat Jumat Sambil Live Streaming Facebook

Dia mengatakan konten terkait peristiwa tersebut melanggar melanggar Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap situs dan atau akun yang masih menyebarluaskan konten terkait kekerasan kasus tersebut menggunakan alat pencari khusus.

AYO BACA : Wapres JK Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru

Kementerian Kominfo terus melakukan pemantauan dan pencarian situs dan akun dengan menggunakan mesin AIS setiap dua jam sekali, ungkapnya.

Selain itu, disebutkan Kementerian Kominfo juga bekerja sama dengan Polri untuk menelusuri akun-akun yang menyebarkan konten negatif berupa aksi kekerasan. Warga juga dapat melaporkan aduan apabila masih menemukan konten terkait di media sosial 

Kementerian Kominfo juga mendorong masyarakat untuk melaporkan melalui aduankonten.id atau akun twitter @aduankonten, jika menemukan keberadaan konten dalam situs atau media sosial mengenai aksi kekerasan atau penembakan brutal di Selandia Baru, pungkasnya.

AYO BACA : 3 WNI Berhasil Melarikan Diri dari Penembakan di Masjid Al-Noor Selandia Baru

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar