Yamaha Mio S

Gelombang Laut Selatan Sukabumi Capai 3,5 Meter

  Jumat, 15 Maret 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi ombak. (istimewa)

SUKABUMI, AYOBANDUNG.COM—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat wilayah laut selatan dilanda gelombang tinggi, khususnya di perairan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 2 sampai 3,5 meter.

Koordinator Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan, gelombang tinggi ini merupakan fenomena alam. Namun, pihaknya mengimbau nelayan yang hendak melaut untuk selalu waspada dan hati-hati.

BMKG memprakirakan cuaca cukup buruk untuk wilayah laut selatan Jabar, salah satunya Kabupaten Sukabumi, kata Daeng Sutisna, di Sukabumi, Jumat (15/3/2019).

Dari hasil pantuan, lanjut Daeng, aktivitas laut selatan saat ini masih normal dan gelombang tinggi ini tidak sampai ke pesisir pantai. Namun, cuaca masih kurang bersahabat seperti kerap turun hujan deras disertai angin kencang dan petir.

Maka dari itu, nelayan dan wisatawan yang beraktivitas baik di pesisir maupun laut agar selalu berhati-hati karena cuaca bisa berubah dengan cepat dan alangkah baiknya agar tidak berenang dahulu di laut karena gelombang cukup tinggi.

Hingga saat ini kami belum menerima laporan dampak dari gelombang tinggi yang melanda perairan laut selatan Kabupaten Sukabumi. Tapi tentunya kami tetap bersiaga antisipasi ada hal yang tidak diinginkan, tambahnya

Sementara itu, Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fajri mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) untuk mengimbau nelayan yang melaut, terutama di perairan laut lepas, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gelombang tinggi yang masih terjadi.

Nelayan yang melaut agar selalu melengkapi diri dengan sarana pendukung keselamatan seperti jaket keselamatan atau plampung, serta jika cuaca buruk agar tidak memaksakan melaut, katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar