Yamaha Lexi

Kebun Raya Cibinong 2 Kali Lebih Luas dari Kebun Raya Bogor

  Jumat, 15 Maret 2019   Husnul Khatimah
Bupati Bogor, Ade Yasin. (Husnul Khatimah/Ayo Media Network)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mulai tahun ini akan membangun kebun raya sendiri yakni Kebun Raya Cibinong. Kebun raya ini akan dikembangkan di atas kawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan kebun raya yang akan diberi nama resmi Cibinong Sciense Botanical Garden itu bakal memiliki luas 2 kali lebih besar dari Kebun Raya Bogor yang ada di Kota Bogor.

AYO BACA : Kebun Raya Cibodas Kembangkan Ratusan Bibit Bunga Bangkai

"Kita akan punya kebun raya yang 2 kali lebih besar dari kebun raya di Kota Bogor dan akan menjadi objek pariwisata baru," ujar Ade di Cibinong, Kamis (14/3/2019).

Dia mengatakan Kebun Raya Cibinong ini akan dibangun bersama LIPI. Kedua belah pihak telah menandatangani kesepakatan kerja sama sebagai komitmen pembangunan kebun raya.

AYO BACA : Kabupaten Bogor Bakal Punya Kebun Raya

"Sekitar 2 minggu yang lalu kami Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan MOU dengan LIPI atau kerjasama untuk pengembangan Bogor Sciense Botanical Garden, tahun ini sedang kami benahi infrasrukturnya," kata Ade.

Pembangunan Kebun Raya Cibinong ini nantinya akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor dan dibantu oleh anggaran dari pemerintah pusat.

"Kita bangun dulu infrastrukturnya setelah itu pembenahan-pembenahan, saya meminta kepada LIPI mohon kalau bisa mudah-mudahan setahun sudah bisa berjalan," kata Ade.

Salah satu pembenahan yang direncanakan lanjut Ade adalah menghadirkan spot-spot Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) milik kabupaten Bogor.

"Kami punya UMKM yang bisa mengisi spot UMKM itu, karena setiap objek wisata harus ada UMKM, jadi ketika ini dibuka untuk umum semua akan bergerak, pemberdayaan ekonomi akan bergerak di semua sektor," jelasnya.

AYO BACA : Mengintip Sakura Mekar di Kebun Raya Cibodas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar