Yamaha Lexi

Gang Apandi Akan Ditutup?

  Kamis, 14 Maret 2019   Anya Dellanita
Gang Apandi. (Anya Dellanita/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Gang bersejarah yang terletak di Jalan Braga, Gang Apandi dikabarkan akan ditutup. Walaupun amsih belum jelas, tanda-tandanya memang sudah terlihat.

Menurut pantauan ayobandung, sudah terlihat beberapa bagian belakang gang yang mulai dibenteng. Namun, bagian depan masih selamat.

AYO BACA : Konflik Cagar Budaya di Gang Apandi

Sekretaris RW 8 Braga, Muhammad Soleh, mengatakan kabar akan ditutupnya Gang Apandi didapat dari kepolisian. Namun, info resminya sendiri belum sampai ke pihak warga RW 8.

"Kami dapat kabarnya dari kapolsek. Katanya mereka sudah menyampaikan kabar hari ini gang mau ditutup ke kelurahan. Tapi kalau ke kami belum ada," ujarnya saat ditemui di Kantor RW 8 Braga, Kamis (14/3/2019)

AYO BACA : Memasuki Maret, Nasib Gang Apandi Masih Belum Jelas

Seperti diketahui sebelumnya, Gang Apandi Braga diklaim sebagai milik Yosafat Winata berdasarkan SHGB nomor 781-782, oleh karena itu penutupan ini mendapatkan reaksi penolakan keras dari warga setempat yang sudah tinggal di sana  berpuluh-puluh tahun lamanya. Terlebih lagi, statusnya yang diisukan sebagai cagar budaya Bandung menjadi alasan bagi pemuka masyarakat setempat untuk menolak penutupan Gang Apandi.

Sampai berita ini diturunkan, isu penutupan tersebut belum terbukti.

Sementara itu, kuasa hukum pemilik SHGB Yosafat Winata, Gilang Jalu, mengaku baru mendengar kabar tersebut. Saat dihubungi ayobandung, dia malah balik bertanya.

"Wah, ada apa ya? Saya malah baru tahu," ujarnya.

AYO BACA : Apandi, Tuan Tanah yang Namanya Diabadikan Jadi Nama Gang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar