Yamaha Aerox

Berita Pilihan: 3 Mahasiswa Unpad Bunuh Diri Sejak Desember Hingga Belasan Maskapai Kandangkan Boeing 737 Max 8

  Rabu, 13 Maret 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi berita pilihan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Redaksi ayobandung.com telah merangkum berita-berita pilihan yang terbit pada Selasa (12/3/2019). Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Tri Hanggono Achmad, menanggapi tiga kasus bunuh diri mahasiwa Unpad yang terjadi berturut-turut sejak Desember 2018.

Selain itu, belasan maskapai dari sejumlah negara ramai-ramai mengandangkan Boeing 737 Max 8 sebagai buntut dari jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ET302 pada Minggu (10/3/2019) malam di Addis Ababa.

 

Berikut berita selengkapnya:

3 Mahasiswa Unpad Bunuh Diri, Rektor: Tantangan Milenial Lebih Besar

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Tri Hanggono Achmad, menanggapi tiga kasus bunuh diri mahasiwa Unpad yang terjadi berturut-turut sejak Desember 2018. Dia mengatakan, masalah akademis semata tidak bisa serta-merta menjadi tolak ukur yang dipakai untuk menilai penyebab bunuh diri seorang mahasiswa.

Ditemui di sela acara seminar nasional di Kampus ISBI Bandung, Selasa (12/3/2019), Tri mengatakan dalam kasus bunuh diri terakhir mahasiwa Unpad yang terjadi minggu lalu pun, tidak ditemui indikasi masalah akademik. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) korban, AH, tergolong sangat tinggi.

AYO BACA : Ucapannya Berbelit dan Kontradiktif, Terdakwa Kasus Haringga Bikin Jaksa Kesal

Memang kami sadar sekali ada hal di luar ini yang tidak terprediksi. Jadi kalau melihat latar belakang akademik, yang terakhir malah IPK-nya 3,88. Latar belakang ekonominya juga tidak ada masalah, ungkapnya.

Dia mengatakan, saat ini tantangan yang dihadapi milenial secara umum dalam menjalani hidup sebagai pelajar memang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Jadi sebetulnya kita sudah sejak lama menyadari, di era millenial ada tantangan lebih besar. Karakter mahasiswa memang berbeda, tingkat tantangan begitu kuat dan daya tahan mahasiswa tidak sekuat dulu, jelasnya.

Untuk itu, dia menegaskan hubungan interaktif antara mahasiswa dan dosen adalah hal yang penting. Makanya kami mengembangkan program tidak hanya mengandalkan tim bimbingan konseling saja, seluruh dosen didorong untuk lebih dekat, ujar Tri.

Hal serupa juga disampaikan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismunandar. Ditemui dalam kesempatan yang sama, dia mengatakan tantangan saat ini adalah membangun interaksi yang solid antar mahasiswa dan dosen juga mahasiswa dan sebayanya.

Di era komunikasi lewat media saat ini tantangannya adalah komunikasi manusia dengan manusia jadi berkurang. Nah ini sebenarnya yang jadi tantangan kampus, bagaimana sisi yang kurang tersebut ditambal oleh kampus, ungkapnya.

 

AYO BACA : Begini Curhat Supir Angkot Bandung soal Penerapan Carpooling

Belasan Maskapai Ramai-ramai Kandangkan Boeing 737 Max 8

Belasan maskapai dari sejumlah negara ramai-ramai mengandangkan Boeing 737 Max 8 sebagai buntut dari jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ET302 pada Minggu (10/3/2019) malam di Addis Ababa. Kecelakaan tersebut merenggut 157 penumpang yang ada di dalamnya. 

Ethiopian Airlines yang memiliki 3 pesawat Boeing jenis tersebut langsung menghentikan dua pesawat serupa lainnya. Begitu juga di Indonesia, Lion Air dan Garuda Indonesia melakukan hal yang sama. 

Sementara Pemerintah Cina memerintahkan untuk meng-grounded 96 pesawat Boeing 737 Max 8 yang tersebar di maskapai Air China, China Eastern Airlines, China Southern Airlines, dan Hainan Airlines.

Di Meksiko, Aeromexico mengandangkan 6 Boeing 737 Max 8. Sedangkan di Singapura, SilkAir yang merupakan anak usaha Singapore Airlines mengandangkan 6 pesawat.

Royal Air Maroc juga mengandangkan satu-satunya Boeing 737 Max 8 yang mereka miliki.  

Hal yang berbeda dilakukan oleh Kanada. Melalui Kementerian Transportasi Umum, Kanada tidak mengandangkan Boeing 737 Max 8 hingga kesimpulan penyebab jatuhnya ET302 diketahui. 

Berdasarkan data per 15 November 2018, Kanada memiliki 27 Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan maskapai WestJet Airlines dan Air Canada. 

AYO BACA : Persib Bantai Perseru 4-0 di Laga Terakhir Piala Presiden 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar