Yamaha Lexi

Cara Obati Benjolan pada Ketiak

  Rabu, 13 Maret 2019   Fathia Uqimul Haq
Ketiak. (istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Benjolan ketiak pada dasarnya merupakan pembesaran dari satu atau lebih kelenjar getah bening yang terletak di pangkal lengan.

Kelenjar getah bening biasanya berukuran  kecil yang merupakan kelenjar berbentuk oval di tubuh seseorang. Mereka adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Meskipun benjolan tersebut sering diabaikan, mereka terkadang dapat menjadi penyebab masalah mendasar. Karena itu, jika  menemukan adanya benjolan di ketiak, maka disarankan agar  memeriksakan diri ke medis untuk menghindari masalah. Benjolan ketiak tidak selalu ganas. Mereka yang bukan penyebab kanker, dapat dirawat di rumah dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobatinya :

AYO BACA : Cara Sederhana Usir Bau Ketiak

1. Jus lemon & Air
Jus lemon kaya akan vitamin C dan bersifat anti-inflamasi. Dia akan membantu mengurangi pembengkakan di ketiak dan menyingkirkan benjolan.  Caranya, Anda dapat mencampurkan jus lemon dan air. Celupkan bola kapas ke dalam jus lemon dan oleskan pada bagian yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering. Ulangi ini 3-4 kali sehari. 

2. Semangka
Semangka memiliki sifat antioksidan yang membantu mendetoksifikasi darah. Selain itu, ini juga membantu mengurangi pembengkakan di daerah yang terkena. Caranya, Anda bisa mencelupkan bola kapas ke dalam jus semangka, lalu  oleskan di bagian yang sakit. Biarkan sampai kering. Kemudian, bersihkan area tersebut dengan handuk atau tisu basah. Ulangi ini beberapa kali sehari. Atau, Anda juga bisa mengonsumsi segelas jus semangka segar setiap hari.

3. Bawang 
Bawang penuh dengan sifat antimikroba dan antiseptik. Bawang membantu dalam mengobati benjolan di ketiak dan  membantu dalam mengobati infeksi di ketiak. Cara mengolahnya, kupas bawang dan potong kecil-kecil. Giling potongan untuk membuat jus bawang. Celupkan bola kapas ke dalam jus bawang dan oleskan di bagian yang sakit. Biarkan selama sekitar setengah jam atau sampai mengering. Bersihkan area tersebut dengan handuk atau tisu basah. Ulangi ini dua kali sehari. Anda juga bisa mengonsumsi jus bawang segar setiap hari. 

AYO BACA : Lima Scrub ala Rumahan untuk Meringankan Gelap di Ketiak

4. Kunyit 
Kunyit memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan antibakteri yang menjadikannya salah satu pilihan terbaik untuk mengobati benjolan ketiak. Mengoleskan kunyit secara rutin pada benjolan akan mempercepat proses penyembuhan. Anda tinggal mencampur bubuk kunyit dan susu panas dalam mangkuk. Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan pada bagian yang sakit. Biarkan selama sekitar 20 menit. Ulangi ini dua kali sehari. 

5. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus. Jika anda memijat daerah tersebut dengan minyak kelapa, maka hal itu bisa membantu mengurangi benjolan. Caranya, anda tinggal memanaskan sedikit minyak kelapa selama sekitar 15 detik. Oleskan pada area yang sakit, pijat sekitar 5-7 menit, dan biarkan saja. Ulangi hal ini setiap hari.

6. Gula & Minyak Almond 
Minyak almond mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Selain itu, minyak almond juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Cara menggunakannya, ambil satu sendok makan gula dan dua sendok makan minyak almond dalam mangkuk. Gosok ke bagian yang sakit dengan lembut dalam gerakan memutar. Kemudian, cuci dengan air dingin. Gunakan sekali dalam seminggu secara terus menerus selama tiga minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

7. Gel lidah buaya
Sifat anti-inflamasi dari  lidah buaya dapat merangsang penyembuhan benjolan ketiak. Gel lidah buaya juga membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Supaya benjolan segera reda, anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalam gel lidah buaya, campur dengan baik. Terapkan ke area yang terkena benjolan lalu biarkan selama 30 menit. Pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar selama lima menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini 2 atau 3 kali setiap hari selama sekitar satu minggu.

AYO BACA : Ini Cara Mencukur Biar Ketiak Eggak Hitam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar