Yamaha NMax

2 Jenis Surat Suara Belum Diterima KPU Bekasi

  Selasa, 12 Maret 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu oleh para petugas yang direkrut KPU Kota Bekasi di GOR Voli Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (12/3/2019). (Ananda M. Firdaus/Ayobandung.com)

BEKASI SELATAN, AYOBANDUNG.COM—Dua jenis surat suara, Pilpres dan Pileg DPD Bekasi, masih belum diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bekasi. Sebelumnya, KPU menerima kiriman surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, dan DPRD Kota Bekasi. 

Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarhaeni mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk yang telah dikirim sejak kemarin, Senin (11/3/2019). 

Jadwal surat suara DPD RI Provinsi Jawa Barat, lanjutnya, rencana tiba pada Sabtu, 16 Maret 2019. Sementara itu, surat suara pilpres pada 30 Maret 2019.

AYO BACA : Mengenal 5 Warna Surat Suara Pemilu 2019

Dia mengaharapkan adanya percepatan distribusi surat suara sehingga pihaknya bisa segera mencapai target penyelesaian sortir dan pelipatan surat suara.

"Untuk surat suara DPD kemungkinan tanggal 16 Maret datang, presiden tanggal 30 Maret. Tapi kami minta di-reschedule supaya dipercepat pelipatan dan sortirnya," kata Nurul di lokasi sortir dan pelipatan surat suara di GOR Voli Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (11/3/2019).

Nurul menyebutkan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara melibatkan 300 orang. Mereka bekerja secara berkelompok dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Adapun total surat suara yang telah diterima untuk tiga jenis surat suara tersebut mencapai 5.147.289 lembar. 

AYO BACA : Ribuan Surat Suara di Sukabumi Rusak

"Kalau total dengan surat suara presiden dan DPD Provinsi yang belum tiba, yaitu sekitar 8,6 juta lembar," sambungnya. 

Nurul mengungkapkan, pada hari pertama pemilahan dan pelipatan surat suara pihaknya menemukan sekitar 100 lembar surat suara dalam keadaan rusak seperti rusak karena sobek dan berlubang. 

Meskipun, diakuinya, kerusakan tersebut tidak terlalu besar, hanya saja surat suara tersebut langsung pihaknya sisihkan karena ditakutkan bila tetap digunakan membuat kebingunan calon pemilih saat hari pencoblosan. 

"Kemarin sudah kami temukan, tapi jumlahnnya tidak terlalu banyak hanya sekitar 100 surat suara itu pun tidak terlalu besar kerusakannya tapi kami anggap nanti bisa mempengaruhi pemilih nantinya saat pencoblosan. Misalnya sobekan, lubang," katanya. 

Dia menerangkan, para petugas pelipat dan penyortir surat suara ditargetkan menyelesaikan tugasnya hingga 30 Maret mendatang. Dengan begitu, pihaknya berharap surat suara yang belum datang segera dapat dikirimkan dari pusat sebelum kemudian dilakukan proses pengepakan hingga surat suara terdistribusikan ke PPK pada 10 April.

"Kita juga harap teman-teman yang membantu menyortir dan melipat ini bisa kerja akurat dan cepat sehingga target penyelesaian bisa tercapai," tandasnya.

AYO BACA : Honor tak Sebanding, 165 Petugas Sorlip Surat Suara Mengundurkan Diri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar