Yamaha Aerox

Tips Jadi Pengusaha Ala Raja FO Bandung

  Selasa, 12 Maret 2019   Anya Dellanita
Raja FO Bandung, Perry Tristianto. (Anya Dellanita/Ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Menjadi seorang pengusaha tak berarti harus membuat produk sendiri. Lakukan saja apa yang memang kita bisa.

Pendapat tersebut datang dari salah satu pengusaha sukses Bandung, Perry Tristianto. Pria yang dijuluki sebagai Raja Factory Outlet Bandung ini mengatakan kaum milenial lebih baik terjun ke dunia entrepeneur dengan membantu mereka yang umkm kecil.

AYO BACA : Inspirasi Itu Bernama Anne Avantie

"Misalnya nih ya kamu pengen buka usaha keripik. Tapi kamu kan gak bisa buat, soalnya bukan sekolah bikin keripik, ya kamu ikut sesuai yang kamu tahu misalnya dari komunikasi atau sastra itu kan bisa dibantu pemasarannya lewat kata-kata yang bagus," ujar Perry saat ditemui usai menjadi pembicara dalam Bandung YES 2019 di Sabuga.

Dia menambahkan, kaum milenial yang sudah terbiasa dengan dunia jual beli online juga bisa membantu.

AYO BACA : Abah Olot, Sosok di Balik Bangkitnya Karinding

"Online gitu udah pasti bantu, kan kebanyakan umkm kecil gitu udah agak tua jadi kurang ngerti yang gitu," tambahnya.

Intinya, Perry mengatakan kalau untuk menjadi pengusaha sukses itu bisa dimulai dari kolaborasi. Hal ini menurutnya lebih bagus karena menguntungkan banyak pihakĀ 

"Saya ingin kaum milenial ini meniru seperti saya. Gak usah bikin sendiri ngapain? Kan kita mah sekolahnya juga beda. Tinggal pinter-pinter kitanya aja. Kalau kolaborasi juga kan enak, kita untung, mereka yang bikin juga terbantu," ujarnya.

Perry juga memberi beberapa tips bagi kaum milenial yang ingin memulai usaha. Tips tersebut di antaranya ingat budaya tatakrama, pantang menyerah, dan inovasi.

"Kita gak usah lari. Inovasi aja produk kita. Jadi kalau kata orang, pengusaha tuh yang penting ada 4P (product, place, price, promotion) buat saya mah cuma 1, product. 3P lainnya masuk inovasi, produk-nya mah tetep eta-eta keneh," tuturnya.

AYO BACA : Cerita Kevin Liliana yang Tomboy Sebelum Jadi Miss International

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar