Yamaha Mio S

KPU Pastikan Seluruh Narapidana Lapas Jelekong Mendapatkan Hak Pilih

  Senin, 11 Maret 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi. (pixabay.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung memastikan seluruh warga binaan Lapas Kelas 1A Narkotika Jelekong mendapatkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan, berdasarkan hasil pendataan sementara, terdapat 1.373 warga binaan yang berada di Lapas Jelekong.

Awalnya memang hanya akan dibuat 4 TPS (Tempat Pemungutan Suara) khusus, dengan jumlah warga binaan 1.373 tentu tidak mungkin diwadahi, makanya kami ajukan untuk menambah satu TPS lagi, tutur Agus, Senin (11/3/2019).

Menurutnya, perputaran warga binaan Lapas cukup tinggi, termasuk kemungkinan adanya penambahan narapidana, baik baru diputus pengadilan, maupun perpindahan antar Lapas.

Intinya, kami akan penuhi hak warga binaan, tegasnya.

Meski demikian, masalah yang dihadapi di lapangan adalah masalah administrasi kependudukan.

Menurutnya, terdapat ratusan narapidana yang belum ditemukan adanya elemen data kependudukan.

Kami kerjasama dengan Disduk untuk mencari elemen data yang lengkap, sehingga bisa mausk dalam DPTB, ujarnya.

Elemen data kependudukan, lanjut Agus, mempunyai peran penting dalam pemilu. Hal tersebut, untuk menentukan surat suara yang akan didapat oleh narapidana saat mendatangi TPS.

Dia mencontohkan, bagi narapidana yang berstatus sebagai warga Kabupaten Bandung, akan mendapatkan surat suara lengkap, namun bagi warga daerah lain, terutama luar jawa barat, hanya akan mendapat surat suara untuk Pilpres.

Prinsipnya sama dengan memilih di luar, tergantung domisili, tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar