Yamaha Lexi

Kejar Target Partisipasi Pemilih, KPU Kabupaten Bandung Gencar Bersosialisasi

  Senin, 11 Maret 2019   Adi Ginanjar Maulana
Grafis pemilu.(Attia)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung terus gencar melakukan sosialisasi pencoblosan pemilu untuk 19 April mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan saat ini sosialisasi terus dilakukan mengingat partisipasi pemilih harus di atas 70%.

"Pada pemilihan bupati/wakil bupati sebesar 67%, jadi angka ini setidaknya harus naik," katanya kepada Ayobandung.com di kantornya, Senin (11/3/2019).

KPU dibantu beberapa stakeholder termasuk partai politik dalam melakukan sosialisasi pencoblosan. Soalnya, hal tersebut akan mempengaruhi tingkat partisipasi.

Bila sosialisasi hanya mengandalkan institusi KPU maka dianggap tidak maksimal.

"Kami sudah masif sebetulnya. Tapi, tetap harus dibantu oleh yang lainnya," katanya.

Disinggung soal surat suara yang mencapai lima buah, Agus menyatakan, hal tersebut tidak menjadi polemik saat ini di masyarakat.

Dia beralasan, tingkat partisipasi pemilih tidak hanya ditentukan oleh pencoblosan calon legislatif saja, melainkan partai politik termasuk presiden/wakil presiden.

"Jadi satu sama lainnya saling keterkaitan. Ini yang menentukan sukses atau tidaknya partisipasi pemilih," katanya.

Di samping itu, KPU Kabupaten Bandung pun melakukan sosialisasi pencoblosan terhadap pemilih pemula melalui media sosial.

Pemilih pemula lebih mencerna sosialisasi yang divariasikan dengan berbagai materi menarik, sehingga mereka diharapkan tertarik lebih banyak untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) nantinya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar