Yamaha Mio S

Pemkab Tasikmalaya Targetkan Bebas ODF Tahun ini

  Senin, 11 Maret 2019   M. Naufal Hafiz
Logo Kabupaten Tasikmalaya. (Istimewa)

SINGAPARNA, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menargetkan terbebas dari Open Defaction Free (ODF) atau  perilaku buang air besar sembarangan di seluruh wilayah di Kabupaten Tasikmalaya pada tahun ini. 

Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya mencatat, lebih dari 50 persen warganya masih belum bisa ODF. Dari 351 Desa, baru 78 Desa saja yang sudah bebas ODF, sisanya belum.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Hamdani mengatakan, pemerintah daerah menargetkan pada pertengahan tahun ini seluruh desa di Kabupaten Tasikmalaya bebas ODF. Oleh karena itu, sejumlah pembinaan dan anggaran pun akan digelontorkan untuk suksesnya kampung ODF. 

AYO BACA : Forum Bandung Sehat Targetkan Bandung 80% ODF Setop BAB Sembarangan

"Pada tahun ini kita targetkan bisa bebas ODF. Mengingat masih banyak masyarakat kita yang berperilaku buang air besar sembarangan, maka itu bukan tugas yang mudah," jelas Dadan. 

Ditambahkan Dadan, masih adanya masyarakat yang terbiasa buang air besar sembarangan ke sungai serta tidak adanya jamban di rumah membuat pemerintah daerah harus ekstra dalam pembinan dan pengarahan. Dengan begitu, masyarakat pun ikut menyukseskan Kabupaten Tasikmalaya bebas ODF. 

Perlu dukungan serta pemahaman semua pihak baik dinas lintas sektoral maupun lembaga swasta lainya untuk suksesnya ODF di Kabupaten Tasikmalaya. Oleh karenanya, Dinas Kesehatan kini terus berkoordinasi dengan dinas lintas sektoral serta lembaga swasta lainya.

"Jadi, ini juga tidak hanya tugas dari Dinas Kesehatan saja, tetapi juga tugas dari seluruh stakeholder yang ada," pungkas Dadan. (Irfan Wahab)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar