Yamaha Aerox

Ini Keunggulan SBMPTN Melalui UTBK

  Minggu, 10 Maret 2019   M. Naufal Hafiz
Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, saat di-monitoring oleh Belmawa meyakinkan, UTBK akan berjalan lancar. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, saat dikunjungi Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Rina Indiastuti di Universitas Padjadjaran Jatinangor, Sabtu (9/3/2019), mengatakan, ada beberapa keunggulan pelaksanaan SBMPTN melalui UTBK atau Ujian Tulis Berbasi Komputer.

Pertama, tidak akan ada lagi peserta yang gagal hanya karena salah pengisian identitas. Hal ini karena kolom tersebut sudah terisi otomatis oleh computer, tidak seperti sistem ujian berbasis kertas dahulu.

Kedua, peserta bisa lebih fokus dan waktu lebih hemat.

“Dulu, waktu menjawab (soal harus) menghitamkan, sekarang tinggal klik, lalu mau ganti jawaban hapus dulu, menghitamkan lagi, sekarang tinggal ganti klik, beres. Jadi, ini sangat menguntungkan untuk peserta apalagi generasi milenial kan nyaman sekali dengan pola seperti itu,” terang Tri, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

Tingkat pengawasan UTBK pun menjadi lebih ketat, mempersempit terjadinya kecurangan.

AYO BACA : Rektor Unpad Yakinkan UTBK Akan Berjalan Lancar

Pertama, pola menjawab setiap peserta akan terus terdeteksi, mulai dari waktu yang disediakan setiap soal dan waktu yang dihabiskan oleh peserta ujian.

Kedua, sistem pemilihan paket soal yang acak menyulitkan untuk tindakan menyontek, bahkan dengan peserta yang bersebelahan.

Ketiga, pengawasan terjadi dalam sistem tiga lapis.

“Pengawas pun sekarang jadi berlapis, di on the spot ada pengawas, secara sistem ada pengawasan dari pola jawaban, juga semua ruangan (UTBK) termonitor oleh CCTV, rekaman kejadian tersimpan di sini. Jadi kalau saya tetap berharap ya, ini kan menentukan kehidupan ke depan, lalu generasi muda ini harus membangun kejujuran. Mari kita berkompetisi secara baik dengan sikap jujur,” pesannya.

Di sisi lain, Rina Indiastuti berharap UTBK akan berjalan lancar, terutama para sumber daya manusia yang mengelola penyelenggaraan UTBK mampu bertanggung jawab secara profesional.

Rina menambahkan, peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dan pemerintah akan terus menyiapkan sistem demi kelancaran UTBK.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar