Yamaha Mio S

Yang Lain Menolak, Iqbaal Ramadhan Justru Optimistis RUU Permusikan Berdampak Baik

  Jumat, 08 Maret 2019   Fira Nursyabani
Iqbaal Ramadhan (@iqbaal.e/Instagram)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan terus menjadi perbincangan hangat di kalangan artis, musisi, dan orang-orang yang menggeluti dunia permusikan di Tanah Air.

Sikap mereka terbelah dalam dua sisi, pro dan kontra. Satu pihak mendukung inisiatif sejumlah anggota DPR RI dalam mengusulkan RUU ini dan pihak lain memilih untuk mengkritisi kemudian menolaknya.

AYO BACA : Liputan Khas: Budi Arab Nilai RUU Permusikan Kebiri Kreativitas

Musisi dan aktor Iqbaal Ramadhan mengaku, ia justru merasa optimistis bahwa RUU Permusikan dibuat untuk kebaikan musisi. Dia percaya RUU itu dirancang untuk sesuatu yang baik.

Menurutnya, dia selaku musisi juga ingin diakui di dalam tata kenegaraan di Indonesia, sehingga di KTP nanti profesinya bisa ditulis sebagai musisi atau aktor.

Meski demikian, dalam proses pembuatan undang-undang, Iqbaal berpendapat memang ada trial dan error. Masyarakat bisa sumbang saran untuk membuat RUU itu menjadi lebih baik.

AYO BACA : Liputan Khas: Musisi Underground Bandung Tolak Tegas RUU Permusikan

Iqbaal menyayangkan sikap beberapa musisi yang menanggapi negatif RUU Permusikan, padahal di dalamnya ada beberapa pasal yang baik untuk masa depan musisi Indonesia, misalnya soal perlindungan hak para kru musik. Pasal-pasal yang dianggap negatif, menurut dia, masih bisa didiskusikan.

Sebagai contoh, katanya, soal hak dan kewajiban kru musik yang sampai saat ini belum jelas. "Padahal kru musik adalah roda berjalannya sebuah band," ungkapnya.

Selain itu, pasal soal hak cipta juga dinilai baik, sehingga jika nanti ada yang menulis lagu, pembayarannya akan berbeda-beda. Ia mengungkapkan, itu artinya bisa menghidupkan musisi seperti di luar negeri.

Namun ia mengakui bahwa di dalam RUU ini masih ada yang harus direvisi. "Sayang sekali kalau semua orang melihat RUU Permusikan ini salah semuanya, sedangkan ini namanya masih rancangan undang-undang," kata dia.

AYO BACA : Boit Omuniuum: RUU Permusikan Rugikan Industri Musik Label Kecil

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar